Penanggulangan Bencana Alam, Pemkab Pangkep Lakukan Ini

  • Whatsapp
Penanggulangan Bencana Alam, Pemkab Pangkep Lakukan Ini

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Musim penghujan dengan intensitas curah hujan tinggi sejak awal tahun 2020 ini mulai mengguyur sejumlah wilayah, termasuk di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Daerah ini hampir setiap tahunnya menjadi langganan bencana banjir. Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Pangkep dan semua unsur baik Forkopimda selaku koordinator, BPBD, TNI dan Polri bersinergi dalam siap siaga dalam penanggulangan bencana alam.

Wakil Bupati Pangkep, H Syahban Sammana mengatakan, dalam penanggulangan bencana ini harus lebih disinergikan disemua tingkatan. “Menanggulangi bencana ini kita harus bersama-sama, semua tingkatan. Sebenarnya sudah jauh-jauh hari kita sudah antisipasi dan siap menanggulangi bencana. Pangkep ini akrab dengan banjir tiap tahunnya, dengan begitu ada bahan evaluasi untuk antisipasi,”ujar Syahban, usai memimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam, di Lapangan Citra Mas Pangkajene, Rabu 8 Januari 2020.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Pangkep, H Kallang Ambo Dalle mengatakan, saat ini telah dibangun dua posko penanggulangan bencana. Posko utama terdapat di halaman depan gedung Islamic Center, dan posko pengendalian dan monitoring tanggap bencana, di Kampung Lembaya, Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene. “Posko pengendalian dan monitoring ini dekat muara sungai. Lokasinya disitu kita dirikan lantaran diwilayah itu sering terjadi kapal kandas, dan sekaligus monitor gelombang laut,”ujarnya.

Posko pengendalian dan monitoring itu pun dapat segera memberi imbauan secepatnya kepada masyarakat ketika gelombang laut tinggi, agar waspada dini. Dikarenakan musim penghujan itu, apalagi dengan intensitas curah hujan tinggi, banjir terjadi bukan hanya karena genangan air hujan tapi juga adanya luapan air sungai ketemu dengan gelombang laut.

H Kallang mengakui, dua titik yang menjadi rawan banjir dengan genangan tertinggi, itu terdapat di Jalan Flamboyan dan Kesehatan, Keluarahan Padoang-doangan, dan di Jalan Andi Ma’rudani, Keluarahan Tumampua, Kecamatan Pangkajene. “Ini sudah dilakukan penanganan, dengan membuat salurangan pembuangan air. Dan juga terdapat satu unit alat pompa mobile penghisap air dengan frekuensi besar yang telah diadakan oleh pihak Dinas PU,”jelasnya. (awi)

Pos terkait