Peduli Lingkungan, Ratusan Bibit Kurma Disebar di Masjid

  • Whatsapp

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Aksi peduli lingkungan terus digelorakan istri Walikota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan. Setelah melakukan aksi bagi-bagi tumbler di sekolah-sekolah bersama istri Gubernur Sulsel, Liestiaty F Nurdin. Hj Erna Rasyid Taufan yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Parepare ini menginisiasi penanaman ratusan bibit pohon buah-buahan di sekolah-sekolah. Termasuk bibit pohon kurma di masjid-masjid.

Ratusan bibit pohon buah-buahan, termasik bibit kurma disebar dalam wilayah Parepare.  Secara simbolis, penyerahan dan penanaman bibit pohon buah-buahan di TK Tunas Bangsa, SD Negeri 24, SMP Negeri 1 dan Masjid Al-Khaerat Grand Sulawesi, Jalan Melingkar, Kamis, 23 Januari.  Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Ibrahim Suanda menyerahkan bibit tanaman kurma ke Hj Erna Rasyid Taufan.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Hj Erna Rasyid Taufan yang juga Ketua BKMT Parepare menyerahkan ke para perwakilan masjid disaksikan Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) Parepare, Wildana Ridha Ali dipusatkan di halaman Masjid Al-Khaerat.
Erna Rasyid Taufan mengatakan, penanaman bibit kurma untuk menguatkan identitas Parepare sebagai kota santri dan ulama.

Ia menjelaskan, pohon kurma tersebut memiliki banyak manfaat. “Pohon kurma yang identik di negara Islam, diantaranya di Aran Saudi, sehingga setiap bagian pohonnya miliki manfaat, termasuk pelepah dan batang, terlebih buahnya,” ujarnya.
Ia juga menyampaikan, penanaman bibit pohon kurma ini, semoga mendapatkan berkah.

Apalagi pohon kurma biasanya dijumpai di Arab Saudi, saat melakukan ibadah umrah dan haji.  “Namun karena sudah banyak juga di daerah lain di Indonesia, kita bisa berkeyakinan bahwa pohon ini akan tumbuh juga di daerah Kota Parepare. Itulah mari mengaharapkan Ridho Allah SWT,” kata Erna Rasyid Taufan. Erna juga mengharapkan bibit pohon kurma yang ditanam di halaman masjid agar dipelihara oleh jemaah masjid, dan mendapatkan pendampingan dari penyuluh.
“Alhamdulillah, buat kita penerima khususnya di Masjid Al-Khaer akan menerima enam bibit pohon karena luas halamannya cukup memadai. Dan untuk masjid-masjid disiapkan sebanyak 320 bibit pohon kurma,” kata Erna Rasyid Taufan.

Aksi penanaman tersebut juga melibatkan pengurus TP PKK, BKMT, Karang Taruna, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare. Kadis PKP Parepare, Wildana Ridha Ali menambahkan, ada 500 bibit pohon mangga, durian dan rambutan yang disebar untuk ditanam. “Penanaman tersebut sebagai salah satu program pemerintah dalam pelestarian lingkungan,” singkat Wildana. (anj)

Pos terkait