Mitigasi Bencana, Bupati Pinrang Pantau Warganya

  • Whatsapp
Mitigasi Bencana, Bupati Pinrang Pantau Warganya

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Angin kencang yang melanda hampir sebagian besar wilayah Ajatappareng dan sekitarnya, Minggu 5 Januari, kemarin. Akibatnya sebagian rumah warga rusak, tidak sampai disitu angin yang berhembus dengan sangat kencang ini juga membuat beberapa tiang listrik milik PT PLN mengalami kerusakan yang berakibat pada pemadaman listrik selama beberapa jam.

Menyikapi kondisi tersebut, Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid bergerak cepat dan meninjau secara langsung kondisi warganya. Dari pantauannya, Irwan berharap agar warga dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang terjadi di musim penghujan.

Dia pun telah memerintahkan kepada instansi terkait untuk turun langsung membantu para korban dan memberikan edukasi kepada warga terkait pentingnya mitigasi bencana. Mitigasi bencana merupakan sebuah rangkaian upaya guna mengurangi risiko bencana, baik lewat pembangunan fisik atau penyadaran dan peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana.

Terpisah, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika Makassar melalui Kepala Sub Bidang Pelayananan Jasa Siswanto mengungkapkan, fenomena ini adalah dampak dari Bibit Siklon Tropis yang terdeteksi di wilayah selatan Indonesia. Bibit Siklon Tropis ini, lanjutnya berdampak pada terjadinya gelombang tinggi, hujan dengan intensitas tinggi hingga angin kencang yang terjadi di sebagian besar Provinsi Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Pinrang.(*/ade)

Pos terkait