Ketersediaan Air Bersih, PDAM Pangkep Bangun IPA di Mangilu

  • Whatsapp
Ketersediaan Air Bersih, PDAM Pangkep Bangun IPA di Mangilu

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Ketersediaan air bersih di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang sangat terbatas menjadi salah satu penyebab kurang maksimalnya pelayanan. Tugas berat pun diemban PDAM Pangkep dan Pemkab untuk mengatasi ketersediaan air bersih. Tujuh sumber air yang dimanfaatkan PDAM Pangkep selama ini belum maksimal. Penyebabnya, debit air belum maksimal serta banyaknya pipa induk yang bocor baik disengaja oleh masyarakat maupun kerusakan akibat pipa sudah tua.

Hal ini menjadi landasan dari PDAM Pangkep untuk mencari solusi terbaru guna memenuhi kebutuhan air di Pangkep. Pembuatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di sungai Desa Mangilu menjadi solusi konkrit. Di sungai tersebut ketersediaan air sangat sangat melimpah, utamanya di saat musim kemarau. Posisinya di ketinggian pun diyakini bisa dengan cepat menyebar ke masyarakat.

Direktur PDAM Pangkep, Andi Yatrib Pare meminta pihak terkait utamanya Dinas Tata Ruang agar segera melakukan survei di sungai Mangilu. Sebab pihaknya telah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian PUPR guna pengucuran dana hibah hingga Rp27 miliar untuk pembangunan IPA. “Kita sudah dijanji. Insya Allah kita akan maksimalkan sumber di Mangilu guna memenuhi kebutuhan air bersih di masyarakat. Di sana nanti akan ada induk yang difungsikan dan mengalirkan air bersih ke masyarakat,” katanya saat menggelar pertemuan dengan Dinas Tata Ruang di Warkop Sambalu,beberapa waktu lalu.

Dengan berfungsinya IPA induk Mangilu, masyarakat akan mendapatkan air bersih langsung. Bukan lagi air dari sumber air yang tak terfilter secara sempurna.
“Selama ini kan air yang digunakan masyarakat langsung dari sumber. Jadi kalau di Mangilu nanti itu airnya bersih dan jernih, biarpun di musim hujan.Sebab akan ada filter besar berupa IPA,” katanya. Kepala Dinas Tata Ruang Pangkep, Sunandar menambahkan, timnya akan segera turun untuk melakukan survei.

Hasilnya nanti, yang akan dilaporkan ke Kementerian guna pembangunan IPA. “Kita memang butuh terobosan baru untuk mengatasi ketersediaan air bersih. Selain IPA, kita tetap berharap PDAM memaksimalkan sumber-sumber yang telah ada dan terus memaksimalkannya.Terkait perbaikan prasarana hingga peremajaan instalasi kami dari Dinas Tata Ruang akan berusaha membantu agar persoalan air bersih teratasi. Sebab ketersediaan air bersih yang terbatas menjadi penyebab indikator kemiskinan di Pangkep,” katanya. (awi)

Pos terkait