HAB ke-74, Taufan Imbau Perkuat Kerukunan Umat Beragama di Parepare

  • Whatsapp
HAB ke-74, Taufan Imbau Perkuat Kerukunan Umat Beragama di Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe dalam sambutan seragam Menteri Agama RI pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 mengajak seluruh jajaran Kemenag baik di pusat maupun daerah agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air.
“Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional,”ujarnya, saat menjadi inspektur upacara di Kantor Kemenag Parepare.

Walikota juga menyebutkan, peringatan HAB ini merupakan tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi Bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama. Selain itu, peringatan HAB merefleksikan rasa syukur, kepada Allah SWT dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. “Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak terlepas dari perjuangan terdahulu dan pengorbanan generasi terdahulu. Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi,” katanya.

Bacaan Lainnya

Negara secara aktif melindungi hak dan kewajiban beragama dalam masyarakat, serta kemerdekaan beribadah bagi setiap pemeluk agama. Menurutnya, dalam negara Pancasila, siapa pun dengan alasan apa pun tidak diperkenakan melakukan penistaan terhadap ajaran agama dan simbol- simbol dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda. “Demikian pula segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara,” jelasnya.

Akhir sambutan, Taufan Pawe menambahkan, peran pembinaan yang dilakukan Kemenag Parepare telah mendorong kemajuan keagamaan dan cerminan pengembangan masyarakat Kota Parepare. “Selama ini Kementrian Agama telah banyak membantu dan mendukung kegiatan keagamaan di Kota Parepare, dan ini kita mengajak untuk tetap saling mendukung dan memajukan keagamaan di Kota Parepare ini,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Parepare, Abdul Gaffar mengatakan, dalam rangka HAB ke-74 dengan tema ‘Umat Rukun, Indonesia Maju’ sudah sejalan dengan program Pemkot Parepare. Menurutnya, kerukunan itu, paling utama dalam menjalankan aktivitas di seluruh Kota Parepare.”Bagaimana kita rukun, damai untuk menjalangkan roda pemerintahan di Kota Parepare, khusunya di bidang keagamaan,” jelas Abdul Gaffar.

Rangkaian HAB, Kemenag Parepare telah melaksanakan anjangsana, kemah madrasah, dan porseni antar madrasah, gerak jalan kerukunan dengan melibatkan seluruh umat, zikir dan doa bersama untuk kesalamatan bangsa, khususnya di Kota Parepare dan upacara HAB. “Ada pun, ramah tamahnya dipusatkan di Makassar dengan melibatkan 24 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan (Sulsel) pada, Minggu 5 Januari,” pungkasnya.

Tema HAB ke-74 Tahun 2020 yakni ‘Umat Rukun, Indonesia Maju’. Di sela-sela upacara peringatan HAB, Walikota menyerahkan penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada 31 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag.(has)

Pos terkait