Cuaca Ekstrem, Warga Soppeng Diminta Waspada Bencana Alam

  • Whatsapp
Cuaca Ekstrem, Warga Soppeng Diminta Waspada Bencana Alam

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Pemerintah Kabupaten Soppeng minta warganya waspada terhadap bencana, khususnya masyarakat yang tinggal disekitar daerah aliran sungai (DAS) Walenae yang berstatus kritis.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Soppeng H Andi Tenri Sessu pada apel kesiapan panggulangan bencana alam Kabupaten Soppeng di halaman kantor Bupati Soppeng, Jumat 10 Januari.

Bacaan Lainnya

Andi Tenri Sessu katakan, kesiapsiagaan menghadapi bencana alam bukan hanya seremonial belaka. Tetapi benar-benar menunjukan kesiapsiagaan untuk menanggulangi bencana yang ada di Kabupaten Soppeng.

“Kita tidak meminta adanya bencana, namun kita juga harus selalu siap siaga dalam menanggulangi kemungkinan bencana yang ada di Kabupaten Soppeng,” kata Andi Tenri Sessu.

Andi Tenri Sessu menjelaskan, bahwa BMKG memperingatkan potensi cuaca ekstrem berupa gujan deras disertai angin kencang dari tanggal 9 -12 Januari, dan angin monsun Asia berkecepatan 31 knot tanggl 10 -12 Januari 2020.

“Ada tiga kabupaten/ kota terdampak angin monsun, yakni Kabupaten Pinrang, Kota Parepare dan Kabupaten Barru,” ujarnya.

Andi Tenri Sessu memamnahkan, khusus di Kabupaten Soppeng bencana yang terjadi tahun 2018 sejumlah 60 kejadian dengan korban jiwa nihil, dan pada tahun 2019 berjumlah 30 kejadian.

“Yang berarti mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kesadaran masyarakat bahwa mencegah itu lebih baik,”pungkasnya. (wis)

Pos terkait