Antisipasi Genangan Air, DLH Parepare Lakukan Ini

  • Whatsapp
Antisipasi Genangan Air, DLH Parepare Lakukan Ini

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare mengerahkan alat berat dan personel untuk melakukan pengerukan drainase di sejumlah titik. Hal ini merupakan bentuk keseriusan dalam mengantisipasi terjadinya genangan air dan banjir di musin penghujan.

Aksi tersebut dipimpin langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Parepare, Samsuddin Taha bersama sejumlah jajarannya, termasuk Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, Ardiansyah Arifuddin melakukan pengerukan drainase di depan Swalayan Cahaya Ujung, Jalan Bau Massepe, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki, kemarin.

Bacaan Lainnya

Drainase tersebut sudah terjadi sedimentasi, sehingga berdampak terhadap saluran gorong-gorong bisa tersumbat. Plt Kepala DLH Parepare, Samsuddin Taha ditemui di lokasi mengatakan, alat berat yang diturunkan untuk melakukan pengerukan drainase yang telah terjadi sedimentasi. “Sudah dipenuhi pasir, sehingga dikeruk untuk mengantisipasi genangan air di musim penghujan saat ini,” katanya.

Menurutnya, pengerukan sebagai upaya normalisasi saluran air (drainase) dalam wilayah Parepare. “Kita keruk, pasirnya langsung dinaikkan ke truk,” jelasnya.
Selain itu, kata Samsuddin, DLH juga secara mobile dengan mengerahkan 20 orang personel megecek drainase yang rawan tersumbat akibat sedimen. “Kita turunkan dua mobil dengan 20 orang personil 20 keliling mengecek setiap drainase. Hal ini sebagai upaya agar saluran air tidak tersumbat karena adanya sampah,” ujarnya.

Dia menambahkan, drainase yang yang terjadi sedimen karena lumpur, ada juga sampah. “Sedimen ini terjadi karena adanya pasir yang terbawa air dari gunung, saat hujan. Jadi kita keruk agar air saat hujan lancar mengalir ke laut,” pungkasnya. (anj)

Pos terkait