Tekan Inflasi, Majene Kembangkan Komoditas Bawang Putih

  • Whatsapp
Tekan Inflasi, Majene Kembangkan Komoditas Bawang Putih

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Merupakan komoditas bumbu-bumbuan selalu menjadi penyumbang inflasi di Kabupaten Majene, terutama untuk komoditas bawang merah dan bawang putih. Untuk itu, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Majene, melalui program revolusi hijau terus mengintervensi kedua komoditas ini, dengan mengembangkan dan mensupport para kelompok tani yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Majene.

Seperti untuk bawang merah belakangan ini pihak TPID Majene bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sualwesi Barat mengintervensi di beberapa wilayah. Seperti di Lingkungan Sondong Kelurahan Baruga Dhua Kecamatan Banggae. Sementara untuk komoditas Bawang putih, Pemerintah Kabupaten Majene dan Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Majene yang tergabung dalam TPID Majene melakukan tanam perdana bibit bawang putih, di Desa Popenga Dusun Urekang Kecamatan Ulumanda, Rabu 26 Desember 2019. Selain di Dusun tersebut, dua desa lainnya di Kecamatan Ulumanda juga mendapatkan bantuan bibit bawang putih yaitu di Desa Tandeallo, dan desa Ulumanda.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kepala Distanakbun Majene , Burhan Usman, SP. Menurutnya, dipilihnya di tiga desa di Ulumanda merupakan rekomendasi Bupati Majene, untuk pengembangan holtikultura di Kecamatan Ulumanda. Penempatan di tiga desa tersebut, juga karena syarat tumbuh bawang putih yang ideal berada di 800 Meter dari permukaan laut.

“ Untuk itu, hanya di Desa Popenga, Ulumanda dan Tandeallo yang tepat ditanami bawang putih. Terlebih memiliki luas areal pertanian yang di intervensi mencapai 175 Hektare atau sekitar 75 ton bibit Bawang putih,” sebutnya.

Sementara itu Bupati Majene, Fahmi Massiara mengatakan jika pengembangan bawang putih ini berhasil di Ulumanda, maka akan memberikan kontribusi positif khususnya dalam penguatan ekonomi di daerah. Termasuk pengendalian inflasi untuk komoditas bawang putih.

“Jadi kalau ini berhasil jelas akan berkontribusi untuk penguatan ekonomi daerah terutama menekan inflasi di Majene” ucapnya.

Mantan Wakil Bupati Majene itu berpesan kepada para petani agar tanaman tersebut dipelihara dan dirawat dengan baik. Apalagi bukan hanya bibit yang diberikan, namun juga pupuk yang di berikan secara cuma-cuma alias gratis.

Dalam aksi tanam bawang putih tersebut Bupati Fahmi besama romobogan di antaranya Dandim 1401, Kapolres Majene, Anggota DPRD Majene Dapil tiga Malunda-Ulumanda, serta sejumlah pimpinan OPD terkait, Camat Ulumanda , Bagian Humas Setda Majene dan masayarakat setempat. (edy)

Pos terkait