Satu-satunya di Ajatappareng, Rutan Pinrang Raih ZI WBK

  • Whatsapp
Satu-satunya di Ajatappareng, Rutan Pinrang Raih ZI WBK

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Dua Satuan Kerja (Satker) Pemasyarakatan di Sulawesi Selatan berhasil meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) dari Kementerian Pemberdayaan Apatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Dan satu-satunya di wilayah Ajatappareng yakni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabupaten Pinrang.

Apresiasi dan anugerah tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Bambang Rantam Sariwanto, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa 10 Desember, lalu. Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin menyampaikan Zona Integritas merupakan sarana introspeksi dalam rangka meningkatkan kualitas diri dan organisasi sehingga mampu berkontribusi bagi pembangunan nasional.

Bacaan Lainnya

Dari total 18 Satker yang menerima perhargaan, satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Malang, meraih predikat WBBM yang pada tahun sebelumnya telah memperoleh predikat WBK, sedangkan 17 UPT lainnya menerima predikat WBK, diantaranya Rutan Pinrang dan Lapas Watampone.

Menindaklanjuti capaian tersebut, Rabu 11 Desember, sebagai bentuk rasa syukur atas pencapaian prestasi tersebut. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menyelenggarakan tasyakuran di Graha Bakti Pemasyarakatan, dalam kegiatan tersebut kreativitas seni warga binaan pemasyarakatan turut ditampilkan. Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, mengucapkan selamat kepada UPT yang telah meraih prestasi tersebut. “Saya sangat senang, bersyukur, dan mengapresiasi pencapaian yang didapatkan jajaran Pemasyarakatan. Semoga ini menjadi dasar bagi UPT Pemasyarakatan untuk berkinerja lebih baik lagi,” ucapnya.

Utami menuturkan penghargaan yang diperoleh menjadi tantangan bagi satker Pemasyarakatan lain untuk bisa mengikuti jejak UPT yang sudah menerima predikat WBK dan WBBM. “Kita harus tingkatkan lagi pencapaian ini. Bisa jadi contoh juga bagi UPT Pemasyarakatan yang lain. Kita harus berkomitmen bersama untuk raih predikat WBK dan WBBM tahun berikutnya,”harapnya.

Terpisah, Kepala Rutan Kelas IIB Pinrang, Ali Imran membenarkan atas capai yang diraihnya bersama 17 Kepala Satker Pemasyarakatan lainnya. Ali Imran mengakui, acara yang dilaksanakan tersebut merupakan bentuk apresiasi Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami kepada 18 Satker Pemasyarakatan yang berhasil meraih predikat Zona Integrasi WBK dan WBBM. ” Alhamdulilah atas keberhasilan tersebut, sebagai bentuk apresiasinya Ibu Dirjen menyerahkan piagam penghargaan dan menghadiahi dua personal computer (PC) kepada masing-masing Satker yang berhasil memeroleh predikat WBK dan WBBM. Tak lupa, Ibu Dirjen, menitip salam kepada seluruh jajaran Rutan Pinrang atas kinerja baiknya selama ini,”kata Ali Imran. (*)

Pos terkait