Ribuan Warga Saksikan ‘Sayyang Pattudu’ di Maulid Akbar Desa Lero

  • Whatsapp
Ribuan Warga Saksikan 'Sayyang Pattudu' di Maulid Akbar Desa Lero

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Ribuan warga masyarakat tumpah ruah di Lapangan Sepak Bola Palancoi, Desa Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang. Masyarakat berkumpul untuk menyaksikan tradisi kuda menari atau ‘Sayyang Pattudu’ yang tahun ini diikuti 30 ekor kuda. Uniknya rombongan tiap peserta diiringi musik patrol, dan pantun atau ‘Kalindada’.

Camat Suppa, Amran mengungkapkan, tradisi tahunan di Desa Lero ini sama dengan yang dilakukan warga suku mandar di Sulawesi Barat. ” Ini budaya mandar, pesertanya itu adalah mereka yang telah khatam Al-Qur’an,”katanya, Sabtu 21 Desember, siang ini.

Bacaan Lainnya

Amran mengakui, Desa Lero dihuni mayoritas warga suku mandar, hingga tradisi ini tetap terjaga dan juga telah menjadi aset daerah di Kecamatan Suppa.

Ribuan Warga Saksikan 'Sayyang Pattudu' di Maulid Akbar Desa Lero

Senada diungkapkan Panitia Kegiatan, H Muh Nur Ahmad yang menjelaskan,
peserta dari kegiatan ini bukan hanya berasal dari Desa Lero, akan tetapi ada yang berasal dari luar provinsi dan kabupaten. Untuk peserta yang mengikuti kegiatan adalah mereka yang mampu menyewa kuda dari wilayah Sulbar. ” Pesertanya ada dari Pulau Sailus Besar, Pangkep, Kalimantan dan Sulbar,”jelasnya.

H Muh Nur mengakui, tradisi ini adalah adat mandar, dan di Desa Lero penduduknya mayoritas suku mandar. ” Kita juga lestarikan budaya ini walau berada di luar tanah mandar. Sayyang Patudu ini dulu hanya di laksanakan dilingkungan keluarga kerajaan mandar. Namun setelah bergabungnya para ulama dalam sidang di kerajaan, maka dicetuskanlah hajatan tersebut,”singkat H Muh Nur Ahmad.

Hadir dalam kegiatan itu, Kades Lero, H Muh Amin, Kapolsek Suppa, Danramil Suppa dan para tokoh masyarakat dan agama. Peserta dilepas oleh Camat Suppa, dan diawali Ketua TP PKK Desa Lero, Hj Api Amin yang turut menjadi peserta.(ade)

Pos terkait