Ribuan Penumpang ‘Nataru’ Tiba di Pelabuhan Nusantara

  • Whatsapp
Ribuan Penumpang 'Nataru' Tiba di Pelabuhan Nusantara

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Nusantara Parepare untuk libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) meningkat. Hal itu terlihat di arus kedatangan penumpang yang membanjiri area dermaga Pelabuhan Nusantara Parepare. Berdasarkan data dari Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare bahwa H-2 (Senin, 23 Desember 2019) Natal, sebanyak 11.991 penumpang yang turun di Pelabuhan Nusantara.

Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya, karena pada H-2 tahun 2018 lalu penumpang tiba di Pelabuhan Nusantara sebanyak 8.289 penumpang. Meski demikian, menurut KSOP Parepare hal tersebut masih tergolong dalam normal.

Bacaan Lainnya

Kepala KSOP Parepare, Capt Dahlan Musseng Gappa mengatakan, pada momen libur natal dan tahun baru ini, penumpang yang turun maupun yang naik masih dalam golongan normal. Sehingga, pihaknya tidak perlu menambah armada laut.
“Ini tidak melebihi kapasitas penumpang, karena ini masih normal. Jadi kita tidak memberikan penambahan jumlah penumpang. Sedangkan, kalau penumpang yang naik atau dari Parepare keluar itu tergolong di bawah normal, karena jumlah penumpang terbilang sedikit,” katanya.

Dia mengungkapkan, beberapa situasi sehingga pihaknya harus membuka penyandaran di Pelabuhan Cappa Ujung Parepare. Diantaranya, banyak jadwal kapal yang sandar secara bersamaan. Sementara itu, armada yang disiapkan sebanyak kurang lebih empat belas armada. “Ini masih terbilang 75 persen daripada kapasitas penumpang. Jadi kenapa kami membuka Pelabuhan Cappa Ujung, karena ada beberapa jadwal kapal yang bersamaan waktunya. Jadi kita memberikan kebijakan kepada kapal yang kurang penumpangnya kita arahkan ke Cappa Ujung, tapi ini tergantung situasinya,” jelasnya.

Capt Dahlan menambahkan, jumlah armada laut yang disiagakan sama pada hari raya lainnya. “Untuk jumlah armadanya yang disiapkan sama saja pada hari raya lainnya, sekitar empat belas. Dan kami juga sudah menyiapkan posko di Pelabuhan Nusantara untuk natal dan tahun baru,” pungkasnya. (mat)

Pos terkait