Pergantian Tahun, Gerbong Mutasi Eselon III dan IV Bergulir

  • Whatsapp
Pergantian Tahun, Gerbong Mutasi Eselon III dan IV Bergulir

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Akhir tahun 2019 menjadi momen yang cukup menegangkan di kalangan pejabat eselon III dan IV dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare. Pasalnya, mutasi kembali bergerak hari ini, Rabu, 31 Desember.

Pelaksanaan mutasi tersebut juga untuk pengisian jabatan eselon III atau setingkat jabatan Kepala Bagian (Kabag) karena adanya penyempurnaan struktur organisasi di Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 tahun 2019 tentang Perangkat Daerah.

Bacaan Lainnya

Dalam mutasi tersebut, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) pun ikut dikukuhkan imbas dari penyempurnaan struktur organisasi. Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe akan melakukan pelantikan bagi pejabat eselon III dan IV yang baru. Termasuk pelantikan jabatan eselon II untuk pengisian jabatan Asisten II Pemkot Parepare yang lowong.

Penyempurnaan struktur organisasi di Setdako Parepare berdampak dihapusnya jabatan Kabag Humas. Bagian Humas dan Protokoler akan dilebur masuk ke Bagian Umum. Bagian Umum memiliki struktur Sub Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan.

Informasi yang diperoleh PARE POS, sejumlah lurah akan bergeser, ada juga yang promosi menjadi kepala bidang (Kabid) di beberapa SKPD. Bahkan ada juga lurah yang diganti. Kepastian bergeraknya mutasi tersebut disampaikan Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe SH MH saat melakukan silaturahmi dengan awak media di Teras Empang, kemarin.

Walikota menegaskan, jika jabatan yang diemban akan melalui proses evaluasi, sehingga sewaktu-waktu ada pergantian atau pergeseran. “Jabatan itu bukan hak, tapi penilaian,” jelas Taufan Pawe. Pada kesempatan itu, Walikota menjelaskan tata organisasi akan lebih baik dari tahun sebelumnya dengan hadirnya PP 72 tahun 2019. Secara khusus kehumasan akan ada perubahan.

“Apalagi PP 72 tahun 2019 pengganti PP No18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, maka Humas dilebur masuk ke Bagian Umum, sehingga jika tidak ada aral melintang, besok saya (hari ini, red) lantik,” ungkap Taufan Pawe. Dia pun menyebutkan, jabatan Kabag Humas dihilangkan. “Humas dan protokoler bergabung semuanya di bagian umum,” katanya.

Taufan menekankan model interaksi nantinya akan lebih terbuka dan akuntabel. “Tata laksana yang kita banguan dengan kehumasan dengan media di tahun 2020 interaksi yang saling bersinergi, saling membutuhkan. Tadi saya sudah sampaikan di coffe morning bahwa tahun 2020, kita ibaratkan berada di aquarium, tidak ada lagi yang ditutupi. Sehingga kita berada di era ketebukaan, akuntabel dan transparansi. Ini saya tekankan kepada seluruh jajaran,” ujarnya.

Walikota menambahkan, tahun 2020 dicanangkan sebagai tahun berintegrasi. “Tahun 2019 dicananangkan tahun integrasi. Kini tahun 2020 sebagai tahun berintegrasi. Saya mau ada ‘ber’, ‘ber’. Karena kalau ada kata ‘ber’ artinya sudah berbuat. Makanya tahun 2020 saya canangkan sebagai tahun berintegritas menuju Parepare maju,” pungkasnya. (sar/ade)

Pos terkait