Over Kapasitas, RSUD Majene Rujuk Pasien ke RS Lain

  • Whatsapp
Over Kapasitas, RSUD Majene Rujuk Pasien ke RS Lain

PAREPOS. CO. ID, MAJENE – Lantaran karena keterbatasan ruangan rawat yang tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majene, terpaksa sejumlah pasien dirujuk ke rumah sakit lain agar pasien segera mendapat penanganan dan perawatan secara intensif.

Diketahui hingga akhir Desember 2019, sekitar puluhan pasien berbagai jenis penyakit, dengan mayoritas anak-anak dirawat di RSUD Majene. Namun, beberapa diantaranya kondisinya sudah membaik dan masih menjalani perawatan atau penyembuhan lebih lanjut secara sempurna. Sehingga masih tetap berada di rumah sakit tersebut.

Bacaan Lainnya

“Karena banyaknya pasien ini membuat pihak rumah sakit mengalami kendala atas terbatasnya ruang rawat yang tersedia. Padahal, seharusnya pasien tersebut harus segera bisa ditangani. Akibatnya, sejumlah pasien akhirnya terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain. Seperti dirujuk di RSUD Kabupaten Polewali Mandar (Polman), ” kata Suhardi Ketua Lembaga Sahabat Indonesia (LSI) Majene, saat mendampingi salah satu pasien anak-anak di RSUD Majene, Minggu 29 Desember 2019.

Dikatakannya, sejumlah pasien yang harus dirujuk ke RSUD Polewali, lantaran ruang perawatan yang ada tidak bisa menampung pasien lebih banyak atau seperti biasanya. Sebab, di RSUD Majene masih sementara dalam proses pembangunan pada sejumlah ruangan untuk peningkatan pelayanan bagi pasien.

“Karena itu, kita juga tidak bisa sepihak salahkan pihak rumah sakit, karena saat ini masih melaksanakan pembangunan dan pembenahan gedung dan sejumlah ruangan lainnya. Tetapi, kita berharap agar sejumlah pasien dapat terlayani dengan baik, meski dirujuk ke rumah sakit di Polewali,” ujarnya.

Direktur RSUD Majene, dr Yupie Handayani belum dapat dimintai keterangan, karena nomor telepon selulernya tidak tersambung. Hanya saja, sejumlah petugas di RSUD itu membenarkan akhir-akhir ini pasien khususnya anak-anak cukup membludak.
Sehingga pihaknya, merasa kewalahan menangani dan menampung pasien tersebut. Solusinya, pasien terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit terdekat seperti di RSUD Polman untuk segera mendapatkan perawatan yang lebih baik. (edy)

Pos terkait