LBH Mahasiswa IAI DDI Geruduk Kantor DPRD Polman, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
LBH Mahasiswa IAI DDI Geruduk Kantor DPRD Polman, Ini Penyebabnya

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Puluhan mahasiswa dari fakultas syariah dan hukum IAI DDI Polman yang mengatasnamakan dirinya Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Senin 9 Desember 2019, siang tadi menggeruduk Gedung DPRD Polman.

Dalam aksinya, LBH menuntut dan meminta penjelasan kepada Ketua Komisi I, Lukman terkait aspirasi yang disampaikan tertanggal 27 November 2019 lalu perihal keterbukaan informasi terhadap dokumen pelaksaanaan.
Mereka juga mendesak keterbukaan pada anggaran pada badan publik.

Bacaan Lainnya

DPRD Polman dapat melahirkan tata tertib dalam protap tentang penyampaian aspirasi, RDP hingga implementasi aduan keresahan rakyat. LBH mendesak pula implementasi legislatif dan eksekutif terhadap dana anggaran pada Dinas Perhubungan untuk Pemeliharaan hingga sarana dan prasaraan APILL ( alat pemberi isyarat lalu lintas) dan Dinas Sosial terkait anggaran Program pemberdayaan fakir miskin sampai updating yang jika diakumulasi mencapai miliaran rupiah.

Kordinator Lapangan LBH, Andi Amran Mallongi mengatakan, selama ini DPRD terkesan tidak bekerja maksimal. Untuk itu, LBH menuntut agar para angota dewan yang terhormat ini bisa bekerja maksimal sesuai dengan tupoksinya, sehingga kita desak dan meminta penjelasannya.

Dalam tuntutanya, LBH juga meminta Bupati selaku penanggung jawab TK-PKD Kabupaten sebagai wadah lintas sektor dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Mengingat bahwa masih sangat jauh dari standar kemiskinan nasional yang hanya (8,9%). Serta mendorong legislatif dan eksekutif untuk membuat terobosan terkait akses pelayanan kepada masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Meruncingkan tugas inspektorat dalam melakukan audit kinerja terhadap setiap OPD di lingkup Pemkab Polman serta mendorong DPRD untuk memaksimalkan implementasi hak angket, hak interpelasi dan hak menyatakan pendapat terhadap setiap program eksekutif yang berada dalam jalur sunyi.

Aksi mahasiswa ini diterima langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Polman, Hamzah Syamsuddin bersama anggota dewan lainya dan dipersilahkan masuk ke ruangan aspirasi.(win/ade)

Pos terkait