Pro Daerah

Komunitas Gusdurian Terbentuk di Pangkep, Tanamkan Nilai Kemanusiaan dan Kesetaraan

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Komunitas Gusdurian hadir di Kabupaten Pangkep. Dikoordinatori Afdal Abdullah, gerakan yang berupaya meneruskan nilai-nilai dari pemikiran Gusdur ini akan ambil bagian untuk meneruskan perjuangan yang dirintis mantan Presiden RI tersebut.

Pemikiran Gusdur sendiri semakin terasa dan dibutuhkan akhir-akhir ini, dengan semakin banyaknya upaya-upaya yang dilakukan beberapa pihak untuk menutup keran keberagaman dan hidup berdampingan antar sesama.

“Inilah salah satu yang mendasari jaringan Gusdurian hadir, yaitu untuk meneruskan nilai-nilai luhur yang digaungkan Gusdur. Salah seorang guru bangsa yang telah banyak berjasa bagi Indonesia, negeri multikultural dengan beragam agama dan kepercayaan,” ujar Ibnu Munzir, salah satu pencetus komunitas Gusdurian Pangkep, Sabtu 28 Desember, 2019.

Loading...

Dikatakan Munzir, perbedaan adalah rahmat Tuhan yang harus dijaga. Apalagi, di negeri Indonesia, dimana beragam agama dan kepercayaan, suku, adat dan budaya yang sangat beragam.

“Apalagi gerakan yang berupaya menutup ruang-ruang kebersamaan dalam naungan perbedaan itu semakin banyak, sehingga Gusdurian hadir untuk membuka pemikiran dan menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan kesetaraan,”terangnya.

Sementara itu, Afdal Abdullah mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak di Pangkep. “Kita akan gelar pertemuan rutin. Namun sebelum itu kami akan meminta saran dan masukan-masukan dari beberapa sesepuh,” terang Afdal. (awi/ade)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top