Info Desa

Endemik DBD, Dinkes dan Pemdes Rea Gelar Fogging

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Dua warga di Dusun Rea Kontra, Desa Rea, Kecamatan Binuang, positif terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue( DBD) dan sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Polman beberapa waktu lalu. Menindak lanjuti adanya warga yang terjangkit DBD tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Rea bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Polman melaksanakan fogging dilingkungan tersebut, Minggu 15 Desember 2019.

Kepala Desa Rea, Saifullah mengatakan, dengan adanya warga yang terserang penyakit DBD baru- baru ini dan sempat dirawat di RSUD maka pihaknya berupaya agar nyamuk penyebar DBD tersebut menular di wilayahnya. Sehingga bersama warga meminta Dinkes agar segera melakukan fogging atau pengasapan.

“Kami tidak mau kalau DBD ini akan banyak menyerang warga kami. Sehingga antisipasinya kami meminta Dinkes untuk turun melakukan fogging. Fogging ini juga merupakan swadaya warga, agar nyamuk penyebar virus ini bisa segera mati dan tidak berkembang biak,”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Polman, Andi Suaib Nawawi menuturkan, sebenarnya kegiatan fogging ini tidak menyelesaikan solusi, melainkan hanya membunuh nyamuk besar. Tapi sudah bagus pihak Desa merespon akan penyakit yang muncul diwilayahnya, apalagi sekarang musim hujan. “Kita tidak ingin warga Polman banyak yang terjangkit penyakit berbahaya ini,”katanya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh warga Polman dalam mengantisipasi virus DBD ini untuk tetap memperhatikan kebersihan lingkungannya dan yang paling utama itu terapkan dilingkungan sekitar kita yaitu 3M menguras bak air,mengukubur barang bekas, dan menutup penampungan air. ” Kami juga sudah menyampaikan kepada seluruh PKM yang ada untuk rutin turun kemasyarakat untuk mensosialisasikan bahaya DBD dan pentingnya hidup bersih agar penyakit tidak rentan datang diwilayahnya,”jelasnya.(win/ade)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top