Bupati Soppeng Hadiri Rakor Satgas Saber Pungli

  • Whatsapp
Bupati Soppeng Hadiri Rakor Satgas Saber Pungli

PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR — Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas Saber Pungli se-Sulawesi Selatan 2019 di Hotel Gammara, Rabu 18 Desember.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara terpusat, dengan tujuan meningkatkan sinergitas pemberantasan pungli untuk mewujudkan Sulawesi Selatan yang bersih dan melayani.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Rakor. Hal ini membuktikan kebersamaan antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Aparat Penegak Hukum sudah berjalan dengan baik.

Dia katakan, birokrasi tidak boleh lagi berbelit-belit. Kalau bisa dipermudah untuk apa dipersulit.

Dalam penanganan saber pungli, Gubernur Sulsel mengharapkan agar mengutamakan pencegahan karena mencegah lebih baik dari pada penindakan.

Sulsel, lanjutnya, harus menjadi pintu gerbang Indonesia Timur utamanya ekspor barang dan jasa. Karena kita memiliki begitu banyak pelabuhan, termasuk pelabuhan rakyat.

“Semoga kita senantiasa dapat membangun kerja sama dan kaloborasi semua pihak serta pertemuan kali ini dapat membawa berkah bagi kita semua,” tambah Gubernur Nurdin Abdullah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Pusat, Komjen Pol. Moechgiyarto, mengatakan, kita semua harus memberikan suasana yang aman dan nyaman agar pelaksanaan pelayanan publik dapat berjalan dengan baik.

“Mampu melaksanakan kegiatan – kegiatan dengan baik, dan saya setuju bahwa pencegahan lebih baik dari pada menindaki,” ujarnya.

Menurut Moechgiyarto, salah satu cara menghindari pungli yaitu kita harus mulai dari hal – hal yang kecil di dalam kehidupan kita semua. Misalnya budaya antri, budaya malu, itu semua harus tertanam didiri kita kapan dan dimanapun.

Sesuai instruksi Presiden, lanjutnya, bahwa regulasi yang menghambat investasi itu harus dipangkas. Olehnya itu tanpa mengenyampingkan pencegahan, diperlukan juga penindakan yang tegas dan tepat, untuk menimbulkan efek jera.

Mengenai perijinai tidak boleh lagi dihambat dan dipersulit, semua sudah ada standarnya. “Saya harap kepada seluruh kepala daerah memiliki komitmen yang tinggi terhadap penanganan saber pungli, termasuk kepada UPP Provinsi dan Kabupaten/Kota,” kata Moechgiyarto.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong yang menandai Pembukaan Rakor dan Launching Aplikasi Aduan Pungli Satgas Saber Pungli Sulawesi Selatan dan peninjauan stand pameran saber pungli yang diikuti oleh UPP Kab/Kota. (wis)

Pos terkait