Bupati Resmikan Embung Bagi Kelompok Tani Bunga Tanjung di Banggae

  • Whatsapp
Bupati Resmikan Embung Bagi Kelompok Tani Bunga Tanjung di Banggae

PAREPOS CO. ID, MAJENE–Bupati Majene, Fahmi Massiara meresmikan embung atau sarana bak penampungan air di sentra pegembangan Bawang Merah lingkungan Sondong Kelurahan Baruga Dhua Kecamatan Banggae Timur, Kamis 12 Desember 2019.

Embung yang dibangun pada sebidang tanah di area penanaman bawang merah tersebut, merupakan bantuan dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Barat, yang diperuntukan bagi beberapa kelompok tani di lingkungan Sondong tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Kabupaten Majene Burhan, SP mengatakan selama ini kendala masyarakat petani bawang merah, salah satunya adalah ketersediaan air di musim kemarau. Namun, dengan bantuan embung tersebut, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak meningkatkan produktifitasnya. Termasuk adanya anggapan bibit yang tidak bagus. Ia juga berharap para kelompok tani terus berinvoasi khususnya dalam pengembangan bawang merah . Sebab, Kabupaten Majene telah menjadi sentra pengembangan bawang merah di Sulawesi Barat.

Bupati Fahmi Massiara saat peresmian itu mengaku bersyukur dengan bantuan tersebut. Menurutnya, sarana embung bisa menjadi solusi saat menghadapi musim kemarau. Apalagi komoditas holtikultura seperti bawang merah sering menjadi penyumbang inflasi. Fahmi juga menilai pengembangan hotikultura telah merata, tidak hanya bawang merah tapi juga cabe dan tomat.

Meski demikian, segala bantuan sarana dan prasana seperti bibit, pupuk dan alat pertanian yang biasa difasilitasi Distanakbun harus dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik baiknya. Bupati juga berharap, agar para poktan terus berkomunikasi dengan Distanakabun melalui PPLnya, jika ada masalah di lapangan agar dapat ditangani secara bersama-sama.(edy)

Pos terkait