Brimob Parepare Dirikan Posko SAR di Lokasi Wisata, Ini Tujuannya

  • Whatsapp
Brimob Parepare Dirikan Posko SAR di Lokasi Wisata, Ini Tujuannya

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Satuan Brimob Pelopor B Parepare Polda Sulawesi Selatan (Sulsel)  mendirikan posko Search And Rescue (SAR) di tempat wisata yang diprediksi ramai dikunjungi wisatawan saat liburan akhir tahun. Yakni posko SAR Brimob itu didirikan di Pantai Lumpue, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat.

Komandam Tim (Dantim) Posko SAR Batalyon B Satuan Brimob Parepare Polda Sulsel, Brigpol Ahmad Yani mengatakan, kehadiran dari personel Brimob di lokasi wisata untuk memberikan rasa aman buat wisatawan yang berkunjung ke Parepare dari berbagai daerah.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pendirian posko SAR tersebut sesuai instruksi Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel melalui Danyon B Pelopor, Kompol Sapari. “Posko siaga SAR di wisata alam Pantai Lumpue didirikan tenda, sehingga anggota siap,” katanya.
Dia menjelaskan, kehadiran posko SAR di Permandian Alam Lumpue sebagai bentuk
antisipasi akan bahaya cuaca ekstrem di akhir tahun.

“Peralatan SAR disiapkan, diantaranya peralatan yang biasa digunakan untuk penanggulangan bencana alam. Seperti perahu karet, live jacket, pelampung, snorkel, alat selam dan sepatu katak,” ujarnya. Bahkan, dia menyebutkan semua peralatan di tenda posko SAR telah dicek dan diperiksa.

“Pengecekan alat tersebut penting dilakukan, terutama personel agar sewaktu-waktu terjadi peristiwa unit SAR sudah siap di lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak,” katanya. Dia menambahkan, antisipasi cuaca ekstrem tetap berkoordinasi dan bekerjasam instansi terkait.

Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas dan masyarakat yang biasa terlibat dalam penanggulangan bencana.  “Intinya, kami bersama-sama semua pihak untuk melakukan tindakan penanggulangan bencana alam,” pungkasnya. (has)

Pos terkait