Bea Cukai Parepare Canangkan ZI Menuju WBK/WBBM

  • Whatsapp
Bea Cukai Parepare Canangkan ZI Menuju WBK/WBBM

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Parepare mendeklarasikan ‘lawan korupsi. Hal itu terlihat dalam pesan saat mencanakan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi, Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2020.  Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Parepare, Eva Arifah Aliyah, kemarin.

Eva mengatakan, Bea Cukai Parepare ditunjuk untuk melaksanakan Zona Integritas menuju WBK/WBBM agar mempermudah pelayanan kepada masyarakat, serta berintegritas dalam pengawasan barang ekspor dan impor.
“Secara resmi kami mencanangkan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBM. Ini sebagai langkah dan upaya mempermudah pelayanan, baik berupa pelayanan online, ekspor, impor, ataupun individu sehingga, pengguna jasa tidak mesti datang ke kantor lagi,” katanya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pencanangan ini merupakan bentuk nyata Bea Cukai selaku instansi vertikal di bawah Kementerian Keuangan yang ikut menyatakan bahwa Bea Cukai mendukung gerakan Indonesia bebas korupsi. “Keberhasilan melaksanakan zona integritas itu tentunya ditentukan setiap individu pegawai dan bersinergi dengan pemerintah maupun pihak terkait, kita harus komitmen mengenai hal ini,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kementerian keuangan memang sudah menginstruksikan seluruh satuan kerjanya harus diakselerasi untuk pembangunan ZI, WBK dan WBBM. Tahun 2020 nantinya, direncanakan semua kantor di bawah Kementerian Keuangan sudah mengajukan untuk pembangunan zona integritas.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Asisten III Setdako Parepare, Hariyanto, mengatakan, mengapresiasi Bea Cukai yang telah menerapkan ZI. Hal ini kata dia, sebagai upaya pencegahan korupsi dan peningtkatan pelayan publik secara transpran.  “Pemkot Parepare memberikan dukungan penuh terhadap program zona integritas menuju bebas korupsi bersih dalam melayani, dan kami tentunya siap bersinergi,” ujarnya. Hariyanto menambahkan, dengan ZI, WBK/WBBM ini, akan membuat Bea Cukai akan menjadi lebih baik lagi, dengan tata kelola yang baik dan bersih menuju smart city, transparan dan akuntabel. (mat)

Pos terkait