Wasbang, Bupati dan Dandim Bawakan Materi di LPMP Sulbar

  • Whatsapp
Wasbang, Bupati dan Dandim Bawakan Materi di LPMP Sulbar

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Kegiatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kembali dilaksanakan di aula Tammajarra LPMP Sulbar, di Rangas Majene, Rabu 20 November. Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian Binter terpadu Kodim 1401/Majene tahun 2019 yang mengangkat tema “Memberdayakan wilayah pertahanan melalui binter terpadu guna meningkatkan Ruang, Alat dan Kondisi juang yang tangguh ” yang diikuti sekitar 600 orang. Diantaranya, PPAD, Babinsa, Babikamtibmas, Mahasiswa, pelajar SMA, SMK, MAN dan sederajat.

Bupati Majene, Dr. Fahmi Massiara SH.,MH, dalam pemaparan materinya
bertema, Peran Generasi Milenial dalam Mendukung Keberhasilan Pembangunan di Kabupaten Majene. Fahmi mengatakan antara lain, generasi dari Masa ke Masa, Generasi I Generasi mentereng 1928. Generasi yang berhasil melewati dua masa berat Great depression dan perang dunia ke II. Generasi II yang 1945 merupakan generasi yang lahir ditengah-tengah depresi dan perang yang mendorong membatasi jumlah kelahiran, generasi III generasi baby boomer 1946-1964.

Ditambahkan, Generasi Millenial di Masa Kemerdekaan Potensi besar yang dimiliki oleh generasi muda sudah disadari oleh Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno sejak era kemerdekaan RI. Kutipan pidato Presiden ini, menyiratkan pesan yang sangat kuat bagaimana pemuda bisa menciptakan perubahan.

Sedangkan Materi Dandim 1401/Majene Letkol Inf Ragung Ismail Akbar S.Sos.,M.,I.,Pol membawakan tema, Menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila. Menurutnya, Pancasila adalah pandangan hidup bagi bangsa Indonesia yang asas-asasnya wajib diamalkan agar tercipta kehidupan yang aman dan tentram. Serta selaras dengan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga kiranya Pancasila dapat selalu dihargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

“Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945,” ungkap Dandim tersebut.

Dandim melanjutkan, Bangsa Indonesia memiliki dasar negara yang digali dari nilai-nilai luhur bangsanya sendiri. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud merupakan nilai-nilai yang pernah berkembang pada masa-masa kerajaan di Nusantara, yaitu masa kerajaan Hindu-Buddha.

Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji SIK,dalam materinya mengangkat Peran Generasi dalam menjaga Kamtibmas dan Anti Narkoba. Dikatakannya, Perkembangan Global dan Nasional di bidang yang sangat dinamis dan tidak terbendung menbawa pengaruh pada kehidupan masyarakat. Sehingga harus mampu bersaing dan harus mampu menyaring.(edy)