TP PKK Parepare Cegah Kanker dengan Edukasi

  • Whatsapp
TP PKK Parepare Cegah Kanker dengan Edukasi

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE–Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) melalui Kelompok Kerja (Pokja) IV menggelar sosialisasi edukasi kesehatan yang dirangkaikan dengan Senam Yoga di Balai Ainun, Minggu 17 November 2019. Penyuluhan kesehatan teresebut juga rangka momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November, lalu.  Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare yang juga Ketua Pokja IV PKK Parepare, dr Renny Anggraeni Sari mengatakan, terdapat tiga kegiatan dengan melibatkan sejumlah profesi kesehatan dilaksanakan sosialisasi kesehatan.

Diantaranya deteksi dini kanker payudara, dan leher rahim dirangkaikan dengan senam yoga.  “Selain deteksi dini kanker, dalam edukasi kesehatan ini juga dibahas tentang pencegahan stunting terintegrasi dan manfaat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif, serta eliminasi sampah plastik, dan optimalisasi peran posyandu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” katanya.

dr Renny menyebutkan pemateri sosialisasi kesehatan berasal dari berbagai profesi kesehatan untuk melakukan program pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan. Pemateri tersebut, yakni dr Hj Nurhamidar Aslan, SpOG sebagai spesialis kandungan membawakan materi pencegahan deteksi dini kanker leher rahim, dr Mahyuddin, SpB membawakan materi pencegahan deteksi dini dan pencegahan kanker payudara dan materi tentang ASI Eksklusif dibawakan oleh dr A Rismawaty Darma, SpA. “Terus materi lainnya yaitu spesialisasi anak, kemudian stunting terintegrasi ini bidan Kasna, kemudian revitalisasi peran dasawisma dalam penguatan posyandu Ibu Irna SKM, sedangkan materi untuk eliminasi sampah plastik oleh Hj Fadriah,” ujarnya.

Pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan sosial dalam rangka Hari Kesehatan Nasional. Diantaranya penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, sekolah-sekolah. Seperti pemeriksaan gigi gratis di Pesantren Al-Badar DDI Parepare.
Ia menambahkan, juga akan dilaksanakan pekan olahraga dan seni dengan melibatkan seluruh profesi di Kota Parepare. “Dua tiga hari kedepan kita lakukan porseni seluruh profesi yang ada di Parepare,”ungkapnya. “Saat pelaksanaan porseni akan ada difile tenaga kesehatan profesi se-Kota Parepare yang jumlahnya akan mencapai 1.700 orang yang kemungkinan lokasinya di Tonrangeng atau depan Balai Ainun,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan yang membuka sosialisasi edukasi kesehatan mengharapkan kegiatan ini dinilai bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para kader PKK di kelurahan dan kecamatan. “Kita harapkan pelaksanaanya tidak hanya di sini, tapi para ibu-ibu PKK yang mengikuti tentunya menjadi penyuluh di lingkungan masyarakat, mengedukasi masyarakat, seperti bagaimana mencegah kanker pada usia dini, mencegah stunting dan apa tanda-tandanya. Itu semua bisa didapatkan dengan melalui pelatihan dan penyuluhan-penyuluhan,” kata Erna Rasyid Taufan.

Istri Walikota Parepare ini pun mengatakan, keterlibatkan para kader PKK di kegiatan pemerintahan dapat berdampak positif, khususnya pengetahuan dan wawasan untuk ditransfer ke lingkungannya.
“Kader PKK harus memiliki pengetahuan yang lebih agar bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat,“ pungkasnya.(ana)