Tahun 2020, Pemprov Sulsel Hadirkan RS Tipe D di Pulau Terluar Pangkep

  • Whatsapp
Tahun 2020, Pemprov Sulsel Hadirkan RS Tipe D di Pulau Terluar Pangkep

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara merata. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana menghadirkan pusat pelayanan kesehatan yakni Rumah Sakit Tipe D disalah satu wilayah kecamatan kepulauan terluar di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) pada tahun 2020. ” Rumah Sakit Tipe D rencananya akan dihadirkan di Pulau Sailus, Kecamatan Liukang Tangaya,”ujar Wakil Bupati Pangkep, H Syahban Sammana SH, Sabtu 9 November, saat ditemui di Warkop Kita, pagi tadi.

Terkait rencana tersebut, kata Syahban, dirinya dalam akhir bulan ini akan melakukan peninjauan dan persiapan peletakan batu pertama pembangunan RS tipe D tersebut. ” Pak Gubernur dan pak Bupati rencana akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS tipe D tersebut. Olehnya itu, saya mendahului untuk mempersiapkan lokasi dan tempatnya,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Syahban menambahkan, pak gubernur dan pak bupati akan meninjau nantinya dengan menggunakan helikopter. “Makanya kita juga akan siapkan lokasi pendaratan helikopter di Pulau Sailus,”ungkapnya. Untuk konsep bangunan RS tipe D bangunannya rencananya akan menggunakan kayu ulin.

Terpisah, Penasehat Pemerintah Kabupaten Pangkep, Ir H Rizaldi Parumpa MSi mengakui, jika rencana pembangunan RS tipe D sudah pernah digaungkan oleh pak gubernur. “Alhamdulilah kalau itu akan direalisasikan, dan tentunya kita akan berterima kasih akan hal itu,”ujar mantan Wakil Ketua DPRD Pangkep tersebut.

Keberadaan RS tipe D di wilayah pulau terluar, ada hal kompleks yang perlu diperhatikan dengan kondisi kepulauan dimana jarak antar pulau itu cukup jauh. ” Jadi selain pembangunan RS, sarana penunjang juga patut diperhatikan. Karena kita lihat saat ini banyak ambulans laut tak terguna karena terbentur anggaran operasional,”ungkapnya.

Rizaldi pun berharap kepada pemerintah provinsi dan kabupaten untuk lebih kreatif serta berinovasi dalam hal pelayanan kesehatan. Termasuk menyiapkan para tenaga kesehatan yang bisa mendukung penuh dengan rasa tanggungjawab. Ditambahkannya, pemerintah juga dapat berinovasi dengan menghadirkan Rumah Sakit terapung yang akan menjangkau pulau-pulau terluar yang ada di Pangkep. ” Rumah sakit terapung yakni sebuah kapal yang dilengkapi sarana dan prasarana kesehatan penunjang sekelas rumah sakit. Dan tentunya dapat memobilisasi pelayanan kesehatan ke masyarakat,”tutupnya. (ade)