Rekomendasi Solar Subsidi, DPKP Parepare untuk Pengusaha

  • Whatsapp
Rekomendasi Solar Subsidi, DPKP Parepare untuk Pengusaha

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Rekomendasi pemanfaatan BBM bersubsidi jenis solar bagi nelayan yang diterbitkan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Parepare, dinilai tak tepat sasaran. Solar bersubsidi yang biasa digunakan nelayan untuk melaut hanya boleh dipakai oleh nelayan kecil, ternyata diperuntukan pula bagi pengusaha di daerah tersebut.

Tentunya rekomendasi yang diberikan tersebut bertolak belakang dengan Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan, dimana untuk pemberian rekomendasi dari kelompok menjadi perorangan. Dimana Permen itu bertujuan agar penyaluran BBM bersubsidi lebih tepat sasaran.

Bacaan Lainnya

Atas kebijakan itu, ditandai dengan mudahnya ditemukan kendaraan yang memiliki rekomendasi dengan menggunakan kendaraan mengambil solar dalam jumlah banyak dengan menggunakan jeriken di SPBU.

Terpisah, Kepala UPTD PPI DPKP Kota Parepare, Ir Hj Mardiana MSi mengungkapkan, untuk kebutuhan solar bagi nelayan di Kota Parepare sebanyak 25.000 kiloliter (KL) perhari. Untuk sasaran pemberian rekomendasi diberikan kepada nelayan dan pelaku usaha di bidang perikanan. ” Untuk jumlah nelayan saya tidak tahu, termasuk jumlah penerima rekomendasi. Intinya rekomendasi saya berikan kepada siapa saja yang butuh solar dan ada kapalnya sesuai kebutuhannya,”katanya, Kamis 21 November, melalui telepon selulernya.

Saat disinggung kualifikasi pemberian rekomendasi, kata Hj Mardiana, diberikan kepada pelaku usaha perikanan. “Siapapun bisa yang penting bergelut di usaha perikanan. Itu adalah kebijakan pemerintah melalui Direktorat Perikanan Tangkap dan Pertamina. Dan formatnya melalui kementrian yang membolehkan semua pelaku usaha perikanan mendapatkan rekomendasi biar bosnya kapal dan sebagainya,”tegasnya.(ade)