Putra Kelahiran ‘Kampung Salo’ Resmi Jabat Kapolri

  • Whatsapp
Putra Kelahiran 'Kampung Salo' Resmi Jabat Kapolri

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Putra kelahiran Kampung Salo, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Jendral Pol Idham Azis resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengantikan Tito Karnavian. Hal itu ditandai dengan pelantikan dan pengambuilan sumpah jabatan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo di Istana Negara, Jumat 1 November 2019, sekitar pukul 10.00 WIB, pagi tadi.

Pelantikan Jendral Pol Idham Azis sebagai kapolri berdasar Keputusan Presiden Nomor 97/Polri Tahun 2019 tentang pengangkatan Kepala Kepolisian RI. Perwira tinggi Polri yang sebelumnya menjabat Kabareskrim itu lantas mengucapkan sumpah jabatan dipandu oleh Presiden Jokowi.

Bacaan Lainnya

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Azis. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi tribrata,” sambung mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Setelah pengucapan sumpah jabatan sebagai Kapolri, Idham kemudian menandatangani berita acara pelantikan, disaksikan eks Kapolri yang kini menjadi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Berikutnya, dibacakan juga Keputusan Presiden Nomor 98/Polri Tahun 2019 tentang kenaikan pangkat Idham menjadi jenderal bintang empat. Disusul penyematan tanda pangkat oleh Presiden Jokowi di pundak pria kelahiran Kampung Salo, Kendari, tersebut. Usai dilantik, lulusan Akademi Kepolisian 1988 tersebut mengungkapkan, pesan terpenting dari presiden kepadanya. “Bapak Presiden menyampaikan kepada saya kerja, kerja, dan kerja,”singkatnya.(JPG/ade)