Puskesmas Lapadde Diklaim Milik Warga

  • Whatsapp
Puskesmas Lapadde Diklaim Milik Warga

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Diduga akibat buruknya pengelolaan aset daerah, lahan yang diatasnya berdiri Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Ujung, Kota Parepare diklaim milik warga. Puskesmas Lapadde pun kini menjadi perhatian Komisi I DPRD, yang ditindaklanjuti dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak yang mengklaim dengan Bagian Hukum dan Bidang Asset serta jajarang komisi I serta pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Parepare, beberapa waktu lalu.

Dalam RDP terungkap jika warga yang mengklaim lahan Puskesmas Lapadde atas nama Abdu Rahman Wahid. Ketua Komisi I DPRD Parepare, H Kaharudfin Kadir dan Sekretaris Komisi I, Hj Asmawati Zainuddin di Gedung DPRD Parepare mengatakan, jika lahan yang di atasnya berdiri Puskesmas Lappade diklaim milik warga. “Warga yang mengklaim lahan Puskesmas Lapadde mengaku berhak atas tanah tersebut, hanya saja bukti fisik sertifikatnya hilang. Tapi lahan itu terdaftar di BPN dan tercatat nomornya,” kata Kaharuddin.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Pemerintah Kota Parepare, kata Kaharuddin, tidak bisa memperlihatkan bukti atas hak berupa sertifikat, tapi terdaftar di Bidang Asset tahun 2005. “Karena warga punya hak atau tanah walaupun sertifikatnya hilang, disarankan bagi warga yang mengklaim untuk menggugat Pemkot,”ungkapnya.

Warga mengklaim lahan dengan luas sekitar 9.000 meter persegi. Sedangkan Pemkot luasnya berkisar 2.000 meter persegi. Kepala Bidang Asset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare, Basuki Busrah menegaskan, Pemkot Parepare telah menguasai lokasi tersebut sejak tahun 2005 dan tercatat sebagai aset daerah.

Senada diungkapkan, Kepala Bagian Hukum Setdako Parepare, Suryani juga membenarkan jika lahan yang di atasnya terdapat Puskesmas Lappade telah dibahas melalui RDP di Komisi I DPRD Parepare. ” Pemkot dalam posisi passif. Karena jika ada warga yang mengklaim, tentunya melalui gugatan,” singkat Suryani. (anj)