Operazi Zebra 2019, AKP Budi Susilo: Pelanggaran Masih Banyak

  • Whatsapp
Operazi Zebra 2019, AKP Budi Susilo: Pelanggaran Masih Banyak
Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Budi Susilo

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Satuan Lalu Lintas Polres Parepare setidaknya telah mengamankan sekitar 250 lebih kendaraan sejak dilaksanakannya Operasi Zebra 2019 serentak di seluruh Indonesia. Operasi Zebra yang akan digelar hingga 5 November 2019, dari jumlah pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas ternyata masih terbilang cukup tinggi.

Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Budi Susilo mengungkapkan, ratusan pelanggar terjaring di sejumlah tempat yang dianggap sebagai rawan laka lantas dan kemacetan. ” Pelanggaran terbanyak terjadi karena tidak melengkapi kendaraannya baik roda dua maupun empat dengan STNK maupun SIM,”ujar AKP Budi, Jumat 1 November, usai menggelar operasi di perempatan Jalan Patung Pemuda.

Bacaan Lainnya

Dari ratusan kendaraan yang diamankan, paling banyak yakni roda dua. AKP Budi pun berharap agar kiranya, para pengendara dapat melengkapi kelengkapannya saat hendak keluar rumah. Termasuk mentaati aturan berlalu lintas. Ditambahkannya, selama Operasi Zebra 2019 ada 12 sasaran penindakan yakni, pengendara bermotor yang tidak memiliki SIM, kendaraan bermotor roda dua atau roda empat yang tidak dilengkapi dengan STNK, pengendara yang melawan arus.

Selanjutnya, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan HP saat mengemudi, berkendara di bawah umur atau pengendara yang tidak memiliki SIM, berkendara sepeda motor berbonceng tiga atau lebih, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan layak jalan, kendaraan roda dan roda empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar, berkendara di bawah pengaruh alkohol dan kendaraan bermotor yang memasang rotator atau sirine yang bukan untuk peruntukannya.(ade)