Kopi Mattabulu Diperkenalkan di Event Herritage Coffee Festival

  • Whatsapp
Kopi Mattabulu Diperkenalkan di Event Herritage Coffee Festival

PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR — Komunitas Coffee Lovers Kabupaten Soppeng ikut ambil bagian dalam ajang pameran Herritage Coffee Festival yang berlangsung di Monumen Mandala, Jalan Sudirman, Makassar, beberapa waktu lalu.

Event yang akan berlangsung hingga tanggal 10 November, diikuti oleh sejumlah komunitas kopi, dan pemilik kedai kopi dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Sementara Komunitas Coffee Lovers Soppeng sendiri dalam event kali ini, yang dipamerkan adalah Kopi Mattabulu jenis Arabika dan Robusta.

“Kopi Mattabulu berjenis Arabica ditanam/ dikembangkan di desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata, Soppeng, dengan ketinggian 800 hingga 1000 Meter diatas permukaan laut,” kata Andi Muh Hasriadi, anggota Coffee Lovers Soppeng.

Menurut dia, keikut sertaannya pada pameran Herritage Coffee Festival ini, untuk memperkenalkan kopi Mattabulu kepada para pecinta kopi, bahwa Kabupaten Soppeng juga memiliki varietas kopi yang diharapkan mampu bersaing dipasaran.

“Kami optimis setelah mengikuti event ini, kopi Mattabulu akan lebih dikenal dan mendapatkan tempat dipasaran. Sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani kopi di Soppeng,” tambah Andi Ady panggilan akrab Andi Hasriadi yang berprofesi PNS.

Sementara itu, Kadis Kominfo Soppeng, Sarianto yang menyambangi stand pameran Coffee Lovers, mengaku menyukai cita rasa yang dihasilkan dari kopi Mattabulu.

“Rasanya enak, dan memiliki cita khas yang berbeda dengan kopi lainnya,” ujarnya.

Hal senada dikatakan, salah seorang pecinta kopi asal Papua, Anas mengaku menyukai cita rasa yang dihasilkan oleh kopi yang diolah dengan cara tradisional tersebut.

“Saya yakin jika proses pengolahan biji kopi bisa lebih maksimal. Kopi Mattabulu ini bisa bersaing dengan kopi terkenal seperti Gayo dan Toraja,” ujar Anas saat mencicipi kopi Mattabulu di stand pameran Coffee Lovers Soppeng. (wis/ade)