Jelang Musim Hujan, Kadiskes Polman Warning Petugas Kesehatan

  • Whatsapp
Jelang Musim Hujan, Kadiskes Polman Warning Petugas Kesehatan

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Polman Suaib Nawawi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu memperhatikan lingkungan sekitarnya. Selain itu, terus mewaspadai berbagai hal terkait  datangnya musim penghujan. “Musim penghujan dimungkinkan beberapa penyakit akan muncul bila mana kebersihan lingkungan tidak diperhatikan.Bahkan, penyakit yang timbul akibat lingkungan kotor disekitar kita, akan mudah berpindah-pindah. Jangan sampai ada tempat yang mudah digenangi air karena akan menjadi sarang penyakit,” ungkapnya usai menutup peringatan Hari Kesehatan Nasioanal ( HKSN), di Area Sport Center, Selasa 12 November 2019.

Musim Hujan akan tiba, kata Suaib, jadi diharapkan masyarakat sekitar untuk tetap memperhatikan lingkunganya. Utamanya beberapa got atau parit yang menjadi tempat tergenangnya air. Untuk itulah masyarakat harus selalu memperhatikan saluran yang ada disekitarnya, belum lagi tempat yang sering digenangi air. “Saya berharap jika melihat air tergenang untuk membuang segera airnya, karena kalau lama air tertampung di wadah maka akan jadi sarang nyamuk berkembang biak,”ungkapnya.

Kepada seluruh Petugas Puskesmas, agar ikut berpartisipasi aktif untuk rutin turun ke masyarakat melihat situasi. Terlebih di musim hujan ini penyakit yang rentan muncul seperti diare dan DBD. “Para petugas kesehatan disemua puskesmas yang ada di wilayah Polman, kalian harus intens melakukan kunjungan ditengah masyarakat dan mengetahui kondisi wilayahnya. Saya tidak mau mendengar ada  lagi daerah endemik penyakit, para petugas kesehatan harus bertanggung jawab mengantisipasinya,”tegasnya. (win/ade)