Hadiri Rakornas, Bupati Pangkep: Hadirkan Kebersamaan dalam Pembangunan

  • Whatsapp
Hadiri Rakornas, Bupati Pangkep: Hadirkan Kebersamaan dalam Pembangunan

PAREPOS.CO.ID,BOGOR– Bupati Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), H Syamsuddin A Hamid SE bersama sejumlah pimpinan  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Rabu 13 November, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintah Pusat dan Forkopimda yang berlangsung di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo.

Pertemuan ini untuk menyinergikan dan menyelaraskan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun kedepan Presiden dengan Pemerintah Daerah se Indonesia. Sehingga ada kesesuaian program sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) disahkan. Adapun lima program prioritas Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin diantaranya Pembangunan SDM, Kesehatan dan Pendidikan, Pembangunan Infrastruktur, Penyebaran Regulasi, Reformasi Birokrasi dan Transformasi Ekonomi.

Dalam Rakornas tersebut, Presiden RI, Ir H Joko Widodo berharap agar pemerintah pusat dan daerah bisa bersinergi dengan baik demi menyukseskan agenda besar bangsa Indonesia. “Saya ingin agar semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah. Juga perlu saya sampaikan, mengelola negara sebesar negara kita Indonesia ini tidaklah mudah, beda dengan negara-negara lain,” kata Jokowi saat menyampaikan arahan pada pembukaan Rakornas Pemerintah Pusat dan Forkopimda.

Jokowi menuturkan mengelola negara Indonesia tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bagaimana tidak, Indonesia dihuni penduduk mencapai 267 juta jiwa dengan 17.000 pulau, serta beragamnya budaya, suku, dan agama menjadikan Indonesia semakin kompleksnya. Jokowi mengingatkan kembali bahwa dunia telah menghadapi permasalahan global. Pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat berdampak hampir ke semua negara. “Ini adalah tantangan eksternal yang kita hadapi,” kata Jokowi.

Pada pembukaan Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat diawali dengan mengabsen satu per satu, mulai dari Ketua DPRD, Gubernur, Wali Kota hingga Bupati. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lanjut berpesan jangan membuat banyak peraturan terlebih yang membebani rakyat. Presiden juga mengingatkan agar jajaran Pimpinan Daerah bisa bersinergi dan berkomunikasi dengan baik. Menurutnya penting sekali hubungan yang harmonis antara Pimpinan Daerah juga Forkopimda.”Kalau salah satu tidak rukun, akan jadi masalah besar dalam menangani daerah”, tuturnya.

Bupati Pangkep, H Syamsuddin A Hamid SE usai mengikuti kegiatan itu mengakui, bersama Forkopimda pihaknya akan menindaklanjuti, mendukung, mensinergikan serta menyelaraskan program sebagaimana hasil keputusan Rakornas 2019. Penekanan dari bapak Presiden terkait pengaruh pertumbuhan ekonomi Indonesia secara global, dimana Indonesia dibayangi resesi dunia menjadi perhatiannya.

Selain itu, lanjut Bupati pangkep dua periode tersebut, sinergi pelaksanaan lima prioritas pembangunan nasional untuk mewujudkan Indonesia maju sesuai tema dalam Rakornas tak kalah penting untuk diperhatikan. ” Dalam pembangunan itu sinergitas dan kebersamaan antara semua pihak harus menjadi perhatian. Dan itu akan mampu mewujudkan lima prioritas pembangunan yang menjadi tujuan dari pemerintah,”ujarnya, Kamis 14 November, melalui telepon selulernya.

Pada intinya, efisiensi penggunaan anggaran tak membatasi program yang berpihak ke masyarakat. Untuk DPRD, Presiden juga menyikapi terkait pembuatan Peraturan Daerah (Perda) dimana imbauannya agar jangan mengakali hal itu untuk perjalanan dinas semata. Sedangkan disisi hukum, kiranya para penegak hukum agar segala sesuatu dibicarakan dengan baik. Namun, jika ada oknum yang betul-betul berbuat pelanggaran untuk ditindaki.(ade)