Dishub Parepare Seleksi Supir Angkot Teladan 2019, Ini Tujuannya

  • Whatsapp
Dishub Parepare Seleksi Supir Angkot Teladan 2019, Ini Tujuannya

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepare menggelar pemilihan sopir angkutan kota (angkot) teladan untuk tahun 2019. Sebanyak 40 orang sopir diseleksi untuk memilih tiga terbaik dalam pemilihan sopir teladan yang berlangsung di Hotel Bukit Kenari, baru-baru ini.  Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas dan Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepare, Syarifuddin mengatakan, pemilihan sopir angkot teladan ini digelar kedua kalinya dengan tujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan kepada para pengemudi angkot agar lebih tertib berlalu lintas. “Pemilihan sopir teladan mendorong para pengemudi angkot lebih memahami Undang-undang (UU) Lalu Lintas dan angkutan jalan,” katanya.

Menurutnya,  setidaknya para sopir angkot bisa memahami kompetisi yang ada, yakni pengetahuan, skill atau keterampilan mengemudi (smart driving) dan tata cara bersikap dan berbudaya serta tata Krama (attitude). “Intinya, para sopir angkot agar menjaga sikap dan budaya serta tata krama untuk mengemudi yang baik,” ujar Syarifuddin.

Para supir angkot tersebut, kata dia, selain mengikuti materi yang diberikan dalam ruangan, mereka pun diberi materi di luar atau praktik lapangan oleh pihak-pihak berkompeten seperti kepolisian.  Dia menyebutkan, sebanyak 40 sopir angkot yang diundang mengikuti sopir teladan yang dinilai telah berpengalaman dari ratusan sopir se- Kota Parepare. Dia menyebutkan, sopir yang kompeten dan terbaik akan dipilih tiga terbaik untuk nantinya diikutkan pada pemilihan sopir teladan tingkat provinsi. “Dari 40 orang sopir diundang, hanya ditetapkan tiga terbaik sebagai sopir teladan untuk diajukan ke tingkat provinsi,” ujarnya.

Dia menambahkan, pemilihan sopir teladan dilakukan berjenjang sesuai tingkatannya. Yakni mulai tingkat kabupaten/kota, selanjut tingkat provinsi hingga ke level nasional. “Diharap sopir yang mengikuti seleksi ini, bisa memahami regulasi lalulintas dan angkutan jalan, dan bisa meningkatkan wawasan budaya para sopir,”harapnya.
Sementara tiga supir yang berhasil terpilih sebagai teladan akan diikutkan pada ajang yang sama hingga kejenjang provinsi maupun nasional. “Ini berjenjang hingga ke nasional, nantinya mereka yang terpilih akan diberikan penghargaan berupa insentif,” pungkasnya. (anj)