Asrama HIPMI Dirampungkan, Pemkot Gelontorkan Rp1,2 Miliar

  • Whatsapp
Asrama HIPMI Dirampungkan, Pemkot Gelontorkan Rp1,2 Miliar

PAREPARE, PAREPOS–Pembangunan Asrama Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia (HIPMI) Parepare yang berada di Kota Makassar akan dirampungkan di tahun 2020, mendatang. Bahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menganggarkan penyelesaian Asrama HIPMI Pare di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, senilai Rp1,2 miliar. Anggaran rehab ringan untuk Asrama HIPMI Pare di Jalan Dg Tata, Makassar, senilai Rp200 juta.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka di hadapan Ketua dan Anggota Komisi II DPRD Parepare dan pengurus HIPMI Pare saat audiens di ruang rapat paripurna DPRD Parepare, Selasa, 12 November 2019. “Sebelumnya adik-adik HIPMI Pare ini sudah diterima langsung bapak walikota, dan pak wali minta masalah Asrama HIPMI ini diperhatikan serius,” kata Hamka.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, Asrama HIPMI Pare di Jalan Perintis itu sudah dikunjungi bersama konsultan atas permintaan walikota. Hasilnya, direncanakan penyelesaian sampai pembangunan pagar asrama. Karena itu, dianggarkan Rp1,2 miliar.¬† “Kalau yang di Dg Tata itu dikeluhkan ada yang bocor dan ada rembesan air, disentuh rehab ringan Rp200 juta. Kalau kurang, nanti ditambahkan di APBD Perubahan 2020,” kata Hamka.

Mengenai anggaran pembangunan Asrama HIPMI Pare yang mencapai Rp3,4 miliar seperti dipertanyakan mahasiswa, Hamka menegaskan itu hanya asumsi dari Dinas PUPR Parepare. “Rp3,4 miliar itu asumsi dari Dinas PU sampai selesai. Makanya pak wali suruh turun langsung bersama konsultan melihat kondisi sebenarnya,” ujar Hamka.

Pengerjaan Asrama HIPMI Pare pada 2020 direncanakan pada triwulan II atau April 2020. Raly Todrink dari Bagian Pembangunan Pemkot Parepare mengungkapkan, Asrama HIPMI Pare di Jalan Perintis maupun Jalan Dg Tata, Makassar, hampir setiap tahun direhab. “Bahkan asrama yang di Dg Tata, mulai 2007-2013 sudah menghabiskan anggaran senilai Rp2 miliar,” kata Raly.

Kunjungi Asrama HIPMI

Anggota Komisi 2 DPRD Kota Parepare bersama Disporapar, Kamis 14 November, melakukan kunjungan terkait kelanjutan pembangunan dua Asrama HIPMI Parepare di Kota Makassar. Kunjungan ini adalah hasil dari dengar pendapat antara DPRD Kota Parepare dengan Pengurus Pusat HIPMI yang didalamnya membahas mengenai pembangunan asrama 1 dan 2 HIPMI Parepare.

” Untuk asrama 1 akan tetap dilanjutkan pembangunannya dengan melihat kondisi bangunan yang belum sepenuhnya rampung. Sementara pada asrama 2 akan dilakukan renovasi untuk atap dan kamar mandi,”ujar Ketua Umum HIPMI Parepare, Tri Suryadi Saputra, melalui rils resminya.

Tri mengakui, asrama HIPMI Parepare merupakan asset milik pemerintah daerah yang diperuntukkan bagi mahasiswa asal Parepare yg melanjutkan Studi di Makassar. Asrama 1 HIPMI Pare terletak di Tamalanrea dan Asrama 2 HIPMI Pare terletak di Parantambung. “Kami berharap hasil dari kunjungan kerja anggota Komisi II DPRD Parepare dan Disporapar menjadi semangat bersama untuk memperbaiki dan merampungkan asrama,”singkatnya. (sar/ade)