RDP Ternak Liar dan PDAM di Tinambung, Dewan Siap Mengawal

  • Whatsapp
RDP Ternak Liar dan PDAM di Tinambung, Dewan Siap Mengawal

PAREPOS.CO.ID,POLMAN – Guna mencarikan solusi terbaik atas keluhan masyarakat terkait ternak liar dan keluhan pelayanan air bersih PDAM. DPRD Kabupaten Polman menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mengundang tokoh masyarakat dan perwakilan pemerintah kabupaten.

RDP tersebut ditindaklanjuti atas dasar keluhan masyarakat dari wilayah Kecamatan Tinambung. Nampak hadir dalam pertemuan tersebut,
Sekertaris Daerah (Sekda) Polman, Ir Bebas Manggazali, Direktur PDAM, Fadli Anwar, Kadis Pertanian dan Pangan, H Ibrahim, Camat Tinambung serta beberapa tokoh masyarakat dari wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

RDP yang dilaksanakan di ruang aspirasi, Gedung DPRD Polman, Kamis 31 Oktober, dipimpin Ketua DPRD Polman Jupri Mahmud didampingi Wakil Ketua DPRD, Amiruddin, Hj Nurbaeti dan Hamzah Syamsuddin dan dihadiri seejumlah anggota dewan khususnya dari wilayah pemilihan Kecamatan Tinambung.

Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Tinambung, Ustadz Ibrahim menuturkan, persoalan ini sudah pernah diangkat, bahkan melalui RDP yang menghasilkan keputusan terkait layanan air bersih PDAM, dimana dijanjikan sudah bisa dinikmati dan ternak liar yang buang kotoran dijalan sudah tidak ada lagi.

Namun sayang, kata Ustadz Ibrahim, hanya 3 hari berselang apa yang dihasilkan dalam RDP terbantahkan dan tak terealisasi sebagaimana diharapkan. “Mencermati kondisi ini, nampaknya para pengambil kebijakan tak mampu mengatasi kondisi di wilayah Kecamatan Tinambung,”tegasnya.

Persoalan PDAM itu terjadi sejak enam bulan lalu, hingga sekarang. Anehnya, warga yang tak menikmati layanan diminta untuk terus membayar beban.
Menyikapi hal itu, Direktur PDAM Polman, Fadli Anwar membenarkan air sudah enam bulan tidak berjalan di area tersebut, sehingga Kepala Ranting PDAM di Tinambung diberhentikan karena dinilai tidak serius menangani keluhan pelanggan. “Kondisi ini tidak semudah membalikan telapak tangan dalam penanganannya, namun kita akan upayakan sebaik mungkin,”singkatnya.

Sekda Polman, Ir Bebas Manggazali menambahkan, untuk penanganan air bersih PDAM di Tinambung, hari Senin depan akan sudah dimulai pengerajaan di Sungai Matama. Bahkan alat beratnya kalau perlu kita akan bermalam dilokasi untuk pantau kegiatanya, terlebih sekarang sudah ada anggaran perbaikannya.

Ketua DPRD Polman, Jupri Mahmud usai mendengar jawaban tersebut mengatakan, dewan akan mengawal semua keputusan yang diambil di forum RDP dan tidak ada alasan lagi persoalan PDAM dan ternak liar yang akan dikeluhkan warga khususnya dari Kecamatan Tinambung.(win/ade)