Djazuli Sebut MPOS Dongkrak PAD Meroket

  • Whatsapp
Djazuli Sebut MPOS Dongkrak PAD Meroket
Kepala Bappeda Majene, M Djazuli Muchtar bersama Kadis LHK, Sudirman

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majene, M Djazuli Muchtar Kamis 31 Oktober menyebutkan dengan adanya pemasangan atau penggunaan alat Machine Payment On System (MPOS) yang dipasang di sejumlah rumah makan, restoran dan hotel cukup bisa mendongrak pendapatan asli daerah (PAD).

Seperti diketahui MPOS yang dipasang itu adalah cara pembayaran yang dilakukan melaui mesin atau alat transaksi secara elektronik. Serta alat itu secara otomatis tersambung langsung dengan pihak bank BPD Sulselbar cabang Majene yang dipantau langsung pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bacaan Lainnya

“Sejak Agustus lalu atau tiga bulan terakhir ini pihak Bapenda sedang giat melakukan pemasangan MPOS tersebut. Hasilnya tidak main-main pemasukan PAD khususnya pajak warung, tempat hiburan dan hotel sudah mencapai lebih dari Rp305 juta, ” akunya.

Padahal kata dia, selama ini sebelum alat itu dipasang pemasukan sektor PAD pajak warung, tempat hiburan dan hotel hanya berkisar Rp20 juta lebih per bulannya. Sehingga kalau dikalkulasi selama tiga bulan palingan berkisar Rp60 hingga 70 juta lebih. Berarti selama ini banyak kebocoran sektor PAD, lantaran pemiliknya tidak jujur.

“Saya contohkan seperti selama ini hotel villa Bogor sebelum dipasangi alat MPOS hanya bisa setor sekitar Rp1 juta. Setelah dipasangi berubah total setorannya menjadi Rp18 juta,” bebernya.

Hal yang sama juga di Cafe Dapur Mandar yang selama ini bisa disetor hanya Rp600 ribu, kini sudah setor Rp12 juta. Begitu juga dengan rumah makan dan hotel lainnya cuma setor rata-rata di bawah Rp1 juta. Saat ini setorannya sudah di atas rata-rata Rp7 hingga 8 juta.

Sehingga pihaknya tahun ini sektor PAD khususnya pajak warung, tempat hiburan dan hotel dapat dipastikan over target. Paling tidak di akhir Desember nanti masih bisa masuk PAD sekitar Rp400 juta dari 50 alat MPOS yang sudah terpasang saat ini. (edy/ade)