Dinkes dan TP PKK Serahkan Kesling Kit di Desa Adolang

  • Whatsapp
Dinkes dan TP PKK Serahkan Kesling Kit di Desa Adolang

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Dianggap selalu pro aktif dan berhasil dalam setiap program pemkab Majene, Desa Adolang Kecamatan Pamboang kembali mendapatkan bantuan berupa Kesling Kit (Kit Kesehatan Lingkungan) atau biasa disebut Set Kesehatan Lingkungan. Bantuan itu berasal dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majene. Nilainya mencapai Rp 20 Juta, yang terdiri dari alat pemeriksaan kesehatan. Seperti kolesterol, gula darah, asam urat, alat ukur berat dan tinggi badan.

Penyerahan bantuan itu diserahkan Ketua TP PKK Kabupaten Majene, Hj Fatmawati Fahmi bersama Kadis Kesehatan Majene, Dr Rakhmat Malik yang berlangsung di kantor Desa Adolang, Kamis 31 Oktober 2019.

Ketua TP PKK Kabupaten Majene, Fatmawati Fahmi, menceritakan kalau pihak Dinkes Majene telah memberikan kewenangan sepenuhnya kepada TP PKK Majene, terkait penyerahan Kesling KIT tersebut. Terutama bagi desa yang dinilai layak untuk diberikan.

Karena atas kriteria itu, Fatmawati menilai, Desa Adolang yang paling layak mendapatkan bantuan itu. Selain karena dusunnya menjadi juara pertama lomba dusun dan lingkungan bersih dan sehat se Kabupaten Majene tahun 2019, Desa Adolang juga menjadi satu-satunya desa di Majene yang melibatkan seluruh dusunnya untuk ikut berlomba.

“ Selama ini saya berkeliling di 62 desa yang ada di Majene, namun cuma Desa Adolang yang mengikutkan seluruh dusunnya untuk ikut lomba. Desa lainnya mungkin cuman diwakili satu dusun. Bahkan tahun lalu Desa Adolang juga meraih juara II tingkat Provinsi Sulbar, ” beber Fatmawati.

Sementara Kadis Kesehatan Majene, Dr Rahmat Malik mengatakan Kesling KIT tersebut dapat di manfaatkan di kegiatan Posyandu. Berbagai fungsi alat seperti itu akan dapat mendeteksi penyakit yang diderita dan memberikan proteksi dini. Rakhmat juga menjelaskan bukan hanya anak atau balita saja yang bisa menggunakan layanan kesehatan tersebut tetapi juga para orang tuanya.

“ Sehingga kita mau, para orangtuanya juga sehat, pak desa juga sehat. Semoga alat ini bisa digunakan dengan baik sesuai fungsinya, “pungkas mantan Direktur RSUD Majene itu. (edy/ade)