Parepos http://parepos.co.id www.parepos.co.id Tue, 21 Jan 2020 06:36:52 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.3.2 169144081 Apresiasi Inovasi Haerul, Kasau Ajak Pemuda Cintai Dunia Dirgantara http://parepos.co.id/2020/01/apresiasi-inovasi-haerul-kasau-ajak-pemuda-cintai-dunia-dirgantara/ Tue, 21 Jan 2020 06:36:52 +0000 http://parepos.co.id/?p=235335 PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE MM, Selasa 21 Januari, menerima kunjungan Haerul didampingi tiga akademisi dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Bastian Jabir, Dr Rustan Tarraka, Dr Muhammad Syahid serta Lurah Pallameang, Asdar. Kedatangan Haerul si pembuat pesawat swayasa asal bumi Lasinrang, Pinrang yang berhasil merakit pesawat ringan (ultralight) dari […]

The post Apresiasi Inovasi Haerul, Kasau Ajak Pemuda Cintai Dunia Dirgantara appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE MM, Selasa 21 Januari, menerima kunjungan Haerul didampingi tiga akademisi dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Bastian Jabir, Dr Rustan Tarraka, Dr Muhammad Syahid serta Lurah Pallameang, Asdar.

Kedatangan Haerul si pembuat pesawat swayasa asal bumi Lasinrang, Pinrang yang berhasil merakit pesawat ringan (ultralight) dari barang bekas, disambut pula sejumlah pejabat TNI AU., di Gedung Raden Suryadi Suryadarma, Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau) Cilangkap, Jakarta Timur.

Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE MM pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inovasi, keberanian dan semangat pantang menyerah yang dimiliki Haerul dalam membuat pesawat terbang swayasa dari barang bekas dan bermesin sepeda motor.

“Kita hanya ingin mengarahkan dan memberikan pengetahuan tambahan yang berhubungan dengan pesawat swayasa, agar inovasi Haerul ini lebih berkembang dan bermanfaat serta keselamatannya lebih terjamin untuk diri sendiri maupun orang lain. Sekaligus mengajak kepada anak muda lainnya untuk lebih mencintai dunia kedirgantaraan,” ujar Kasau.

Turut hadir mendampingi Kasau, diantaranya Waaspotdirga Kasau Marsma TNI T Sembiring Meliala, Kadispotdirgaau Marsma TNI Basuki Rahmat, Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto, MSi, dan Kasubdispenum Kolonel Sus M Yuris.(*/ade)

The post Apresiasi Inovasi Haerul, Kasau Ajak Pemuda Cintai Dunia Dirgantara appeared first on Parepos.

]]>
235335
Bencana Banjir, Jaya Baramuli: Jangan Menyalahkan Alam http://parepos.co.id/2020/01/bencana-banjir-jaya-baramuli-jangan-menyalahkan-alam/ Tue, 21 Jan 2020 05:30:40 +0000 http://parepos.co.id/?p=235332 PAREPOS.CO.ID,PINRANG–Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pinrang, Ahmad Jaya Baramuli meminta pemerintah tidak menyalahkan alam atau hujan terkait bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pinrang. Ada sejumlah titik banjir yang disebabkan oleh ketidakpedulian aparat pemerintah akibat pendangkalan sungai karena tidak pernah dilakukan pengerukan. “Jangan selalu menyalahkan kondisi alam, karena semua yang terjadi itu semua kehendak Allah. Tetapi […]

The post Bencana Banjir, Jaya Baramuli: Jangan Menyalahkan Alam appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID,PINRANG–Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pinrang, Ahmad Jaya Baramuli meminta pemerintah tidak menyalahkan alam atau hujan terkait bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pinrang. Ada sejumlah titik banjir yang disebabkan oleh ketidakpedulian aparat pemerintah akibat pendangkalan sungai karena tidak pernah dilakukan pengerukan.

“Jangan selalu menyalahkan kondisi alam, karena semua yang terjadi itu semua kehendak Allah. Tetapi kita semua diberikan akal untuk berfikir bagaimana bencana bisa diminimalisir dampaknya,” kata Ahmad Jaya Baramuli saat menerima aspirasi warga Kecamatan Mattiro Sompe, Lanrisang dan Cempa,kemarin.

Ketua DPD Partai Berkarya Pinrang itu menyebut pemerintah harus sigap dalam menghadapi bencana. “Seperti banjir yang terjadi baru-baru ini, kalau diawal kita antisipasi dengan melakukan pengerukan di muara sungai kan banjirnya bisa diminimalisir. Sehingga tidak berlangsung lama dan dampaknya tidak terlalu meluas,”katanya. Ahmad Jaya Baramuli menjelaskan, menangani banjir perlu koordinasi yang intens, mulai dari kepala desa, camat sampai dinas terkait.

Bencana banjir, kata Ahmad, hampir tiap tahun terjadi. Sehingga perlu diadakan antisipasi pencegahan secara rutin. “Tidak perlu menunggu datangnya banjir baru bertindak, itu sudah terlambat. Kalau perlu diadakan pengerukan setiap tahun untuk area-area yang memang rawan banjir, dan yang dikeruk jangan hulunya tetapi juga muaranya,”ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Pinrang, A Calo Kerrang dalam. Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dihadiri gabungan komisi para camat dan kepala desa itu berjanji segera melakukan pengerukan.  “Untuk Kecamatan Mattiro Sompe, khususnya saluran pembuang yang ada di Desa Cappakala dan Katteong, Insya Allah tahun ini. Pengerukan akan dilaksanakan, namun tetap menggunakan jalur prioritas, karena terkendala soal anggaran,”ungkap A Calo.(mnr)

The post Bencana Banjir, Jaya Baramuli: Jangan Menyalahkan Alam appeared first on Parepos.

]]>
235332
Kasus Kecelakaan Kerja Jaringan XL di Sidrap Libatkan Anak Dibawah Umur http://parepos.co.id/2020/01/kasus-kecelakaan-kerja-jaringan-xl-di-sidrap-libatkan-anak-dibawah-umur/ Tue, 21 Jan 2020 05:18:31 +0000 http://parepos.co.id/?p=235329 PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Kasus kecelakaan kerja terhadap empat pekerja pemasangan tiang jaringan XL yang kesetrum listrik di Sidrap masih ditangani pihak kepolisian, Selasa, 21 Januari 2020. Dari empat korban, satu diantaranya meninggal dunia bernama Ruslan alias Tolle (45). Sementara tiga lainnya mengalami luka bakar dibeberapa bagian tubuhnya. Dari tiga korban yang selamat itu, satu diantaranya […]

The post Kasus Kecelakaan Kerja Jaringan XL di Sidrap Libatkan Anak Dibawah Umur appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Kasus kecelakaan kerja terhadap empat pekerja pemasangan tiang jaringan XL yang kesetrum listrik di Sidrap masih ditangani pihak kepolisian, Selasa, 21 Januari 2020.

Dari empat korban, satu diantaranya meninggal dunia bernama Ruslan alias Tolle (45). Sementara tiga lainnya mengalami luka bakar dibeberapa bagian tubuhnya.

Dari tiga korban yang selamat itu, satu diantaranya adalah anak dibawah umur bernama Arjum (15) yang dipekerjakan oleh pihak pemborong.

Sementara dua lainnya yaitu Junaidi (32), Konke (60). Semua pekerja merupakan warga Kecamatan Mallakaji, Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Koperasi UKM Nakertrans Sidrap, Andi Safari Renata mengatakan, bahwa dalam aturan itu tidak boleh mempekerjakan anak dibawah umur.

“Yah tidak boleh dong. Anak dibawah umur itu masih usia sekolah, jadi tidak boleh dipekerjakan. Jelas sudah melanggar peraturan perundang-undangan,” katanya.

Seperti diketahui, Pasal 68 – 75 dilarang Mempekejakan Anak, Undang Undang Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003.

Pasal 68 menegaskan bahwa Pengusaha dilarang memperkerjakan anak dibawah umur, yang berdasarkan ketentuan adalah anak yang usianya dibawah 18 tahun.

Adapun ancaman bagi pengusaha atau perusahaan yang mempekerjakan anak yang belum berusia 18 tahun adalah pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 4 tahun, atau denda paling sedikit Rp100 juta dan paling banyak Rp400 juta. (ira/ade)

The post Kasus Kecelakaan Kerja Jaringan XL di Sidrap Libatkan Anak Dibawah Umur appeared first on Parepos.

]]>
235329
Penyesuaian Tarif Pas Masuk Pelabuhan, Ini Kata GM Pelindo Parepare http://parepos.co.id/2020/01/penyesuaian-tarif-pas-masuk-pelabuhan-ini-kata-gm-pelindo-parepare/ Tue, 21 Jan 2020 04:56:10 +0000 http://parepos.co.id/?p=235326 PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– PT Pelindo IV Cabang Parepare melakukan penyesuaian tarif tanda masuk pelabuhan atau pas masuk tahun 2020. Penyesuaian tarif ini baru dilakukan setelah delapan tahun tertunda, terakhir tahun 2012. Hal tersebut disampaikan General Manager (GM) Pelindo Cabang Parepare, Muhammad Ilyas melalui Manager Operasional Teknik Pelindo Parepare, Agus Sofyan, kemarin. Dia mengatakan, penyesuaian tarif pas […]

The post Penyesuaian Tarif Pas Masuk Pelabuhan, Ini Kata GM Pelindo Parepare appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– PT Pelindo IV Cabang Parepare melakukan penyesuaian tarif tanda masuk pelabuhan atau pas masuk tahun 2020. Penyesuaian tarif ini baru dilakukan setelah delapan tahun tertunda, terakhir tahun 2012. Hal tersebut disampaikan General Manager (GM) Pelindo Cabang Parepare, Muhammad Ilyas melalui Manager Operasional Teknik Pelindo Parepare, Agus Sofyan, kemarin.

Dia mengatakan, penyesuaian tarif pas masuk pelabuhan tersebut sudah sesuai dengan regulasi dan disepakati para stakeholder kepelabuhanan, seperti organisasi pelayaran, pihak perusahaan pelayaran. “Sudah menjadi kesepakatan bersama dengan mitra, termasuk regulasi KSOP,” kata Agus.

Agus menjelaskan, penentuan tarif pas masuk pelabuhan tidak perlu ada pesetujuan dari kementerian, tinggal dilaporkan. Beda saat penetapan tarif pelayanan kapal dan barang harus ada persetujuan dari kementerian. “Berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Nomor 72 Tahun 2017 dalam pasal 18, salah satu satu klausalnya, paling lama setiap dua tahun dilakukan penyesuain tarif. Nah untuk penyesuaian tarif di Pelindo Parepare sejak tahun 2012 belum dilakukan. Artinya sudah delapan tahun lamanya,” ungkapnya.

Dia menegaskan, tarif pas masuk pelabuhan jika dikonversi dengan tidak dilakukannya penyesuaian tarif selama delapan tahun lamanya, Parepare terbilang murah dibanding pelabuhan lainnya. “Kita tidak melihat pada persentasi kenaikannya. Tapi progres penyesuaian tarif baru dilakukan setelah delapan tahun lamanya. Artinya jika dikalkulasi delapan tahun tersebut, rata-rata kenaikan setiap dua tahun hanya kisaran Rp1.500, itu untuk tarif pas masuk pengantara Rp6.000 per orang, yang sebelumnya Rp3.000. Sedangkan  tarif pas masuk roda dua Rp8.000 sekali masuk dan mobil Rp12 ribu,” rinci Agus Sofyan.

Beda lagi, kata dia, jika mobil tersebut mengangkut barang, jika ada kententuan tarif yang telah diatur. “Intinya kita tidak lakukan penyesuaian tarif sejak tahun 2012 karena masih fokus pada infrastruktur demi pelayanan dan kenyamanan penumpang,” ujarnya. Pelindo, kata Agus, juga akan menerapkan tarif progresive pada Februari, mendatang. “Pemberlakukan tarif progresive ini juga penuh dengan pertimbangan dan kajian,” katanya.

Dia juga menampik tidak ada tarif jasa parkir di dalam area pelabuhan. “Pelindo tidak mengenal tarif parkir kendaraan baik motor maupun mobil. Yang ada hanya pas masuk kendaraan. Saya tegaskan yang diatur diatur dalam PM 72 tahun 2017 adalah pas, bukan parkir,” ujarnya. Pelindo melakukan penyesuaian tarif tentunya dibarengi dengan kualitas pelayanan, peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana untuk kenyamanan penumpang maupun pengantar. “Kita sudah pikirkan ada peningkatan fasilitas dan sarana dan prasarana di area pelabuhan. Ini untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang maupun pengantar,” katanya.

Dia pun mengharapkan dukungan semua pihak untuk memajukan Kota Parepare melalui sektor kepelabuhanan. “Pelabuhan kita maju, tentu berdampak terhadap perekonomian daerah. Parepare akan ramai dikunjungi, termasuk kapal pesiar bisa kembali berkunjung,” pungkasnya. Ditambahkannya, jika ada oknum yang coba mengambil keuntungan dalam penyesuaian tarif segera laporkan ke Pelindo. “Masuk pelabuhan itu sekali bayar, tidak ada lagi pembayaran saat keluar dari pelabuhan. Kalau ada seperti itu, laporkan ke kami,” pungkasnya. (sar)

The post Penyesuaian Tarif Pas Masuk Pelabuhan, Ini Kata GM Pelindo Parepare appeared first on Parepos.

]]>
235326
Normalisasi Drainase Terus Digalakkan http://parepos.co.id/2020/01/normalisasi-drainase-terus-digalakkan/ Tue, 21 Jan 2020 04:50:07 +0000 http://parepos.co.id/?p=235323 PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melakukan normalisasi drainase atau saluran air. Kali ini, pengerukan drainase dipusatkan di RW Palapa, Jalan Kebun Sayur, Kecamatan Soreang. Sebanyak 20 petugas diterjunkan melakukan pengerukan sedimentasi selama dua hari di lokasi itu, yakni Sabtu-Minggu, 18-19 Januari. Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Parepare, Ardiansyah Arifuddin memimpin pengerukan tersebut. “Kita […]

The post Normalisasi Drainase Terus Digalakkan appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melakukan normalisasi drainase atau saluran air. Kali ini, pengerukan drainase dipusatkan di RW Palapa, Jalan Kebun Sayur, Kecamatan Soreang. Sebanyak 20 petugas diterjunkan melakukan pengerukan sedimentasi selama dua hari di lokasi itu, yakni Sabtu-Minggu, 18-19 Januari.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Parepare, Ardiansyah Arifuddin memimpin pengerukan tersebut. “Kita fokus dulu sama sedimentasinya sebagai upaya mengantisipasi terjadinya luapan air saat hujan,” kata Ardiansyah.

Menurutnya, normalisasi drainase dengan pengerukan tersebut juga menindak lanjuti aspirasi warga sekitar. “Setelah kita on the spot bersama anggota DPRD, Andi Fudail dan warga. Ini tindak lanjutnya, ada 20 petugas kita turunkan melakukan pengerukan,” ujarnya.

Kemudian, dia juga mengimbau kepada masyarakat, untuk semakin meningkatkan kesadaran maupun kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Pihaknya tak lelah seringkali mendengungkan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di saluran air atau drainase. “Selama ini, saat operasi normalisasi, kebanyakan memang adalah sampah rumah tangga, pampers, kasur, kayu dan material lain, dan botol plastik air mineral,” katanya.

Dia juga menitipkan pesan terhadap masyarakat, agar setiap kali melakukan kerja bakti, agar tidak melupakan kondisi saluran drainase. Menurutnya, selama ini, masyarakat justru hanya memperhatikan kebersihan jalan saja. “Jangan sampai melupakan kebersihan drainase setiap kerja bakti. Kadang yang dibersihkan hanya yang atas saja, bawah jarang dilihat, padahal itu juga penting,” imbau mantan Lurah Lapadde ini.

Sementara itu, anggota DPRD Parepare, Andi Fudail mengapresiasi langkah cepat dilakukan DLH menindaklanjuti aspirasi warga sekitar. “Kita apresiasi kerja-kerja pemerintah melakukan normalisasi drainase di wilayah itu,” singkatnya. (sar)

The post Normalisasi Drainase Terus Digalakkan appeared first on Parepos.

]]>
235323
Pola Hidup Sehat, Siswa MAN 2 Parepare Ikut Penyuluhan Kesehatan http://parepos.co.id/2020/01/pola-hidup-sehat-siswa-man-2-parepare-ikut-penyuluhan-kesehatan/ Tue, 21 Jan 2020 03:57:39 +0000 http://parepos.co.id/?p=235316 PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dalam rangka mengantisipasi dampak musim hujan yang sedang melandah wilayah Kota Parepare. Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Kota Parepare bekerja sama dengan Dinas Kesehatan PKM Lumpue memberikan penyuluhan kesehatan kepada segenap siswa dan guru di sekolah tersebut. Kegiatan dengan mengangkat tema ‘Pola Hidup Sehat’ berlangsung, Selasa 21 Januari 2020 di Aula Lantai II […]

The post Pola Hidup Sehat, Siswa MAN 2 Parepare Ikut Penyuluhan Kesehatan appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dalam rangka mengantisipasi dampak musim hujan yang sedang melandah wilayah Kota Parepare. Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Kota Parepare bekerja sama dengan Dinas Kesehatan PKM Lumpue memberikan penyuluhan kesehatan kepada segenap siswa dan guru di sekolah tersebut.

Kegiatan dengan mengangkat tema ‘Pola Hidup Sehat’ berlangsung, Selasa 21 Januari 2020 di Aula Lantai II MAN 2 Parepare diikuti sekitar 50 siswa perwakilan kelas serta siswa penghuni asrama dan guru pembinanya. Acara penyuluhan kesehatan tersebut di awali pengantar secara singkat oleh Kepala MAN 2 Kota Parepare, Dra Hj Martina MA mengharapkan kepada para siswa agar dapat menggali pengatahuan tentang pola hidup sehat.

Kepala PKM Lumpue, Irnawaty SKM MKes
yang hadir bersama 2 orang tenaga medis dan kesehatan dalam paparannya menyampaikan, pada musim hujan sekarang potensi munculnya berbagai penyakit seperti demam berdarah begitu mudah. Untuk itu yang perlu diantisipasi adalah penanganan tentang menghambat dan cara memberantas berkembang biakannya nyamuk pembawa virus demam berdarah.  “Untuk menerapkan pola hidup sehat harus ada niat dan upaya dari sendiri terlebih dahulu, karena pola hidup sehat harus dilaksanakan secara menyeluruh dan berkesinambungan,”ujarnya.

Lebih lanjut, kata Irnawaty, upaya efekftif hidup sehat adalah dengan bekerja secara berkelompok-berkelompok seperti lingkungan asrama di sekolah. Sementara dari uraian pemateri lainnya adalah tetkait pola hidup bersih yang paling tepat dalam menangkal mewabahnya demam berdarah, dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah/asrama menjadi prioritas utama yang menjadi perhatian dijaga kebersihannya. “Jangan sampai ada sampah plastik yang terisi air bertebaran yang dapat menjadi tempat nyamuk bersarang dan berkembang biak,”ujarnya.(*)

Ir Ummatang DF                                                                                               

Wakamad Humas MAN 2 Kota Parepare                                         

ummatang45@gmail.com

The post Pola Hidup Sehat, Siswa MAN 2 Parepare Ikut Penyuluhan Kesehatan appeared first on Parepos.

]]>
235316
Gunakan Baju Pilot, Haerul Bertemu Capt Vincent Raditya http://parepos.co.id/2020/01/gunakan-baju-pilot-haerul-bertemu-capt-vincent-raditya/ Tue, 21 Jan 2020 01:06:47 +0000 http://parepos.co.id/?p=235309 PAREPOS.CO.ID, JAKARTA– Sebuah momen tak akan dilupakan Haerul sang perakit pesawat pesawat terbang ringan (ultra light) asal Kampung Langga, Kelurahan Pallameang, Kecamatan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Dengan menggunakan pakaian seorang pilot, Haerul berkesempatan bertemu dengan seorang pilot sekaligus YouTuber, Capt Vincent Raditya. Didampingi Kasubdispenum Dispenau, Kolonel Yuris mengunjungi Flight Deck Indonesia atau simulator pesawat milik […]

The post Gunakan Baju Pilot, Haerul Bertemu Capt Vincent Raditya appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, JAKARTA– Sebuah momen tak akan dilupakan Haerul sang perakit pesawat pesawat terbang ringan (ultra light) asal Kampung Langga, Kelurahan Pallameang, Kecamatan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Dengan menggunakan pakaian seorang pilot, Haerul berkesempatan bertemu dengan
seorang pilot sekaligus YouTuber, Capt Vincent Raditya.

Didampingi Kasubdispenum Dispenau, Kolonel Yuris mengunjungi Flight Deck Indonesia atau simulator pesawat milik Vincent Raditya di Kompleks Pantai Indah Kapuk. Haerul pun berkesempatan mencoba menerbangkan pesawat, dengan menggunakan pakaian seorang pilot. ” Iya, Haerul bertemu dengan Capt Vincent Raditya. Kebetulan beliau adalah sahabat saya,”ujar Kolonel Yuris yang juga merupakan putra asal bumi Lasinrang, Pinrang.

Berbagai hal dipertanyakan Haerul kepada Vincent Raditya dalam pertemuan tersebut. ” Vincent sendiri kagum atas keberanian dan kerja kreatif dari Haerul. Untuk lengkapnya pertemuan tersebut bisa disaksikan di Chanel YouTube Capt Vincent Raditya ,”singkatnya, Selasa 21 Januari 2020, pagi ini.

Ditambahkannya, untuk agenda kegiatan Haerul, Selasa 21 Januari, yakni tur ke Mabes TNI AU Cilangkap, bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), dilanjutkan kunjungan ke hanggar Fasi DKI Jakarta di Pondok Cabe dan joyflight. Serta ke salah satu TV swasta nasional di IBN Kebon Nanas.(ade)

The post Gunakan Baju Pilot, Haerul Bertemu Capt Vincent Raditya appeared first on Parepos.

]]>
235309
Kepala Staf Kepresidenan Bertemu Haerul, Moeldoko: Berani dan Kreatif http://parepos.co.id/2020/01/kepala-staf-kepresidenan-bertemu-haerul-moeldoko-berani-dan-kreatif/ Mon, 20 Jan 2020 23:56:43 +0000 http://parepos.co.id/?p=235297 PAREPOS.CO.ID, JAKARTA— Haerul tampak tegang saat berkunjung ke Bina Graha Jakarta di Komplek Istana, Senin 20 Januari siang, kemarin. Sang montir yang secara mandiri merakit pesawat terbang ringan (ultra light) asal Kampung Langga, Kelurahan Pallameang, Kecamatan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan bertemu Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko. Haerul hadir ditemani Lurah Pallameang, Asdar serta […]

The post Kepala Staf Kepresidenan Bertemu Haerul, Moeldoko: Berani dan Kreatif appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, JAKARTA— Haerul tampak tegang saat berkunjung ke Bina Graha Jakarta di Komplek Istana, Senin 20 Januari siang, kemarin. Sang montir yang secara mandiri merakit pesawat terbang ringan (ultra light) asal Kampung Langga, Kelurahan Pallameang, Kecamatan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan bertemu Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko.

Haerul hadir ditemani Lurah Pallameang, Asdar serta tiga akademisi Unhas Dr. Bastian Jabir, Dr. Rustan Tarraka, Dr. Muhammad Syahid serta Kepala Dinas Penerangan AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto.

Moeldoko mengundang Haerul setelah mendapat laporan tentang pesawat ringan yang dirakit sendiri dari bengkel motor. Dia ingin mengetahui proses perakitan tersebut langsung dari Haerul. Dalam penjelasannya, Haerul mengaku belajar merakit hanya dengan melihat video lewat Youtube. “Pak Haerul membuktikan pada kita bahwa banyak talenta di negeri ini yang berani dan kreatif,” kata Moeldoko.

Eksperimen perakitan pesawat sudah beberapa kali dilakukan Haerul. Pada 2002 lalu, dia sempat merakit pesawat helikopter namun gagal terbang. Namun kegagalan itu tak membuat pria kelahiran 31 Desember 1985 ini patah arang. Pada 15 Januari 2020 lalu, kerja kerasnya membuahkan hasil. Pesawat yang dirakitnya sejak tengah Oktober 2019 berhasil terbang setelah lima kali gagal tes uji coba.

Moeldoko menyatakan kekagumannya atas keberanian dan semangat pantang menyerah yang dimiliki pria yang sehari-hari bekerja sebagai montir mobil dan motor itu. “Saya apresiasi Pak Haerul berani melakukan sesuatu. Kedua, semangat pantang menyerah yang bisa memberikan semangat kepada anak muda,” ujarnya.

Moeldoko menilai inovasi yang dimiliki Haerul layak dikembangkan di Indonesia. “Sebagai negara kepulauan, kita butuh pesawat ringan yang bisa efektif menjadi alat transportasi di negara kita,” tegasnya. Semangat inovasi baru yang dimiliki Haerul menurut Moeldoko selaras dengan apa yang digagas KSP dalam program Manajemen Talenta Nasional (MTN). “Hal-hal semacam ini perlu dikumpulkan. Mencari anak anak Indonesia yang punya bakat unggulan agar mereka bisa memperjuangkan impiannya,”tegasnya.

Hal-hal semacam ini perlu dikumpulkan. Mencari anak anak Indonesia yang punya bakat unggulan agar mereka bisa memperjuangkan impiannya
Moeldoko juga meminta para akademisi yang ikut dalam pertemuan tersebut terus mengawal apa yang dilakukan oleh Haerul. Muhammad Syahid, pengajar Teknik Mesin Unhas menyebutkan, saat ini Pemda Sulsel berjanji memberikan mesin berkapasitas 1000 cc untuk pengembangan pesawat ringan tersebut.

Kepada Moeldoko, Haerul mengaku sudah cukup senang bisa diakui karyanya dan diterima di Komplek Istana. “Saya membuat sendiri pesawat ini, karena saya belum pernah naik pesawat,” kata Haerul dengan polos.(*/ade)

The post Kepala Staf Kepresidenan Bertemu Haerul, Moeldoko: Berani dan Kreatif appeared first on Parepos.

]]>
235297
Sekda Sampaikan Visi dan Misi di Golkar, Bawaslu Lakukan Penelusuran http://parepos.co.id/2020/01/sekda-sampaikan-visi-dan-misi-di-golkar-bawaslu-lakukan-penelusuran/ Mon, 20 Jan 2020 23:25:20 +0000 http://parepos.co.id/?p=235294 PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Sekda Majene, H Andi Achmad Syukri Tammalele yang juga merupakan salah satu bakal calon (Balon) Bupati/Wabup Majene, kini mulai ramai diperbincangkan banyak kalangan. Pasalnya, AST sapaan akrab Andi Syukri Tammalele itu sebelumnya mendaftar di partai golkar Majene. Namun, setelah pengembalian berkas formulir isian DPD partai golkar Majene kembali melakukan rapat pleno diperluas […]

The post Sekda Sampaikan Visi dan Misi di Golkar, Bawaslu Lakukan Penelusuran appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Sekda Majene, H Andi Achmad Syukri Tammalele yang juga merupakan salah satu bakal calon (Balon) Bupati/Wabup Majene, kini mulai ramai diperbincangkan banyak kalangan. Pasalnya, AST sapaan akrab Andi Syukri Tammalele itu sebelumnya mendaftar di partai golkar Majene.

Namun, setelah pengembalian berkas formulir isian DPD partai golkar Majene kembali melakukan rapat pleno diperluas dengan mengundang balon bupati/wabup yang sudah mengembalikan formulir untuk menyampaikan visi dan misi balon tersebut. Tepatnya, 14-15 Januari 2020 di sekretariat partai golkar jalan A. Pangeran Pettarani Majene.

Koordinator wilayah Partai Golkar Majene yang juga panitia penjaringan, H Zamzir Abu menuturkan, dari enam figur yang mendaftar di golkar lima diantaranya hadir menyampaikan atau memaparkan visi dan misi termasuk bupati petahana, Fahmi Massiara, Wabup Majene, Lukman, Sekda Majene, Andi Achmad Syukri Tammalele, Muh Irfan Syarif dan Sudarman. Satu figur lainnya yaitu H Asnuddin Sokong tidak bersedia hadir.

Ketua Bawaslu Majene, Syofian Ali, Senin 20 Januari menjelaskan atas kehadiran AST itu menyampaikan visi dan misinya, maka pihak Bawaslu Majene kini mulai melakukan penelusuran terkait kehadiran AST yang mana diketahui AST tersebut masih berstatus ASN aktif di lingkup pemkab Majene.

“Saat ini kami dari Bawaslu Majene mulai melakukan penelusuran serta mengumpulkan bukti-bukti yang ada terkait kehadiran AST menyampaikan visi dan misi atau kegiatan politik di kantor golkar. Padahal, beliau masih berstatus ASN aktif. Bahkan merupakan ketua Korpri Kabupaten Majene, ” kata Ketua Bawaslu Majene, Syofian Ali.

Sementara AST, menuturkan kehadirannya di kantor golkar Majene karena mendapatkan undangan serta mengikuti mekanisme yang ada di partai golkar tersebut. Selain itu lanjutnya, dirinya masih sebatas balon dan belum ditetapkan sebagai calon peserta pilkada 2020.(edy)

The post Sekda Sampaikan Visi dan Misi di Golkar, Bawaslu Lakukan Penelusuran appeared first on Parepos.

]]>
235294
Empat Pekerja Jaringan XL Tersengat Listrik PLN di Sidrap, Satu Tewas http://parepos.co.id/2020/01/empat-pekerja-jaringan-xl-tersengat-listrik-pln-di-sidrap-satu-tewas/ Mon, 20 Jan 2020 14:51:18 +0000 http://parepos.co.id/?p=235290 PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Kecelakaan kerja terjadi di Jalan Poros Soppeng, Kelurahan Toddang Pulu, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, Senin, 20 Januari 2020. Dalam peristiwa itu, empat pekerja jaringan celuler XL dari Kabupaten Gowa tersengat arus listrik tegangan menengah milik PLN di lokasi tersebut, sekitar pukul 17.15 wita. Satu diantaranya meninggal dunia yakni Ruslan alias Tolle […]

The post Empat Pekerja Jaringan XL Tersengat Listrik PLN di Sidrap, Satu Tewas appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Kecelakaan kerja terjadi di Jalan Poros Soppeng, Kelurahan Toddang Pulu, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, Senin, 20 Januari 2020.

Dalam peristiwa itu, empat pekerja jaringan celuler XL dari Kabupaten Gowa tersengat arus listrik tegangan menengah milik PLN di lokasi tersebut, sekitar pukul 17.15 wita.

Satu diantaranya meninggal dunia yakni Ruslan alias Tolle (45) buruh harian asal Mangalli, Kecamatan Mallakaji, Gowa.

Sementara tiga lainnya yaitu Junaidi (32), Konke (60), dan Arjum (15) warga asal Kecamatan Mallakaji, Gowa itu mengalami luka bakar disekujur tubuhnya.

Mereka sempat dirawat puskesmas Amparita sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nene Mallomo (Nemal) Sidrap.

Kapolsek Tellu Limpoe, AKP Andi Mappahairul saat ditemui dilokasi kejadian mengatakan, sebelumnya korban berempat sementara melakukan pengerjaan memasang tiang jaringan XL Area Soppeng-Sidrap.

Besi yang akan ditanam itu berdiameter 20 cm, panjang 7 meter lalu ditancapkan di pekarangan salah satu rumah dilokasi kejadian dengan kedalaman 120 cm dengan cara manual.

“Yang meninggal itu merupakan kepala buruh bersama temannya memancangkan tiang jaringan XL dengan cara memikulnya,” ucapnya.

Kemudian setelah itu, kata AKP Andi Mappahairul secara tidal sengaja ujung tiang yang hendak ditancapkan menyentuh aliran listrik tegangan menengah 20 KV atau 20. 000 Volt diatas lobang yang hendak dipasangi tiang.

Akibatnya empat korban terlempar dan satu diantaranya meninggal dunia. Sementara itu, pihak Polsek Tellu Limpoe masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut. (ira/ade)

The post Empat Pekerja Jaringan XL Tersengat Listrik PLN di Sidrap, Satu Tewas appeared first on Parepos.

]]>
235290