Ajatappareng

Viral, Warga Terbangkan Pesawat Buatan, Bupati Pinrang: Saya Bangga

Haerul dan pesawat buatannya

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Warga Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Haerul (33) tiba-tiba viral di media sosial karena berhasil menerbangkan pesawat buatannya, Rabu, 15 Januari. Pesawat jenis ultraligh itu berhasil take off dan landing dengan mulus saat uji coba yang dilakukannya di sepanjang pesisir pantai di Kabupaten Pinrang.

Tepuk tangan dan teriakan kegembiraan terdengar sesaat setelah pesawat tersebut berhasil terbang mengelilingi langit di atas permukaan laut Ujung Tape. Pesawat rakitan itu berhasil mengelilingi pantai sebanyak dua kali dan mendarat mulus.
“Alhamdulillah sudah berhasil kami terbangkan, setelah gagal berkali-kali,” kata Haerul saat dihubungi awak media.

Pria yang tak tamat SD ini membuat pesawat dari material barang bekas dan mesin motor. Ia mengaku, menghabiskan biaya kisaran Rp30 jutaan mulai dari membeli mesin pesawat yang terbuat dari mesin motor dan badan pesawat.  Haerul berbekal pengalaman dari internet dia berhasil menerbangkan pesawat rakitannya.

Ia mengaku, puas setelah dua kali melakukan ujicoba, tapi gagal. “Saya masih gemetar merasakan sensasi terbang pertama kalinya, saya telah melakukan uji coba sebanyak dua kali, namun gagal terbang,” kata Chaerul kepada awak media.
Setelah ia perbaiki dan mengganti mesinnya yang rusak akhirnya bisa terbang.

Loading...

Haerul mengaku, termotivasi membuat pesawat karena penasaran ingin naik pesawat.  Pesawat yang dirakit terbuat dari barang bekas seperti roda gerobak pengangkut pasir, sayap yang terbentang di atas pesawat tersebut terbuat dari parasut bekas yang biasa dijadikan penutup mobil. Mesinnya menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 cc seharga Rp15 juta.

Haerul pencipta pesawat jenis ultralight itu, mengakum membuat pesawat atas kecintaannya terhadap pesawat dan bermimpi ingin membuat pesawat sejak kecil. Merakit pesawat jenis, ia tidak memiliki pengetahuan khusus, hanya bermodalkan internet dan modal pengalaman modifikator motor. “Alhamdulillah, pesawat yang selama ini menjadi cita-citakan kini telah terwujud dan baru berhasil diterbangkan setelah beberapa kali percobaan,” katanya.

Terpisah, Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid, bangga atas prestasi warganya yang mampu merakit pesawat jenis ultraligh. Pesawat yang diujicoba, Rabu, 15 Januari itu, menjadi kebanggaan masyarakat Pinrang.  “Usaha yang dilakukan Haerul sangat membanggakan. Kami patut berbangga, putra daerah mampu melakulan hal yang luar biasa itu (menerbangkan pesawat),” katanya.

Irwan mengatakan, dibutuhkan pengujian dari pihak yang ahli di bidangnya untuk mendeteksi kelayakan pesawat tersebut. Baik dari segi kemampuan terbangnya, ketahanannya, mesinya, dan lainnya. “Kita perlu uji untuk kebutuhan profesionalitas jangka panjang, uji kelayakan dari ahli tentu dibutuhkan,” kata mantan Ketua DPRD Pinrang itu. (nur)

 

 

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top