Sulawesi Barat

Pemkab Gelar Rapat Monev Pemabangunan Triwulan IV

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Jajaran pemkab Majene menggelar rapat monitoring dan evaluasi (Monev) berlangsung di ruang pola kantor bupati Majene, Rabu 15 Januari 2020. Rapat monev itu dipimpin langsung bupati Mahene, Fahmi Massiara serta para pimpinan OPD lingkup pemkab Majene.

Dalam rapat itu terungkap program dan kegiatan pembangunan Pemkab Majene untuk serapan anggaran APBD triwulan ke empat tahun 2019 lalu menunjukkan ada penurunan 3,9 %. Hal tersebut mengacu pada serapan APBD di tahun 2018 di periode yang sama. Begitu pula yang terlihat pada serapan dana alokasi khusus (DAK) yang mengalami penurunan realisasi khsusunya dari segi keuangan. Sementara untuk ketiga sumber dana yang ada, hanya dana tugas pembantuan, UB dan dana lainnya yang realisasi keuanganya mencapai 99,06 %.

Loading...

Menurut Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Majene, Andi Adlina Basharoe mengatakan, menurunnya serapan anggaran APBD triwulan akhir di 2019, karena dipengaruhi beberapa OPD yang belum melaporkan ke Bapeda hingga batas akhir yang ditentukan. Padahal sudah ada kesepakatan bersama setiap tanggal lima bulan berjalan atau dua hari sebelum monev berlangsung laporan dimaksud sudah harus diterima pihaknya.

Sementara Bupati Majene, Fahmi Massiara mengatakan atas capaian tersebut, diharapkan kepada setiap ASN dapat meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan dan pelaksanan urusan pemerintah daerah yang menjadi kewenangannya. Termasuk juga, harus didukung ke proaktifan setiap Kepala OPD dan jajarannya. Selain itu, Fahmi juga mengatakan, dengan adanya monitoring evaluasi tersebut, OPD harus secara rutin menyediakan informasi kinerja program dan kegiatan. Serta mendorong ASN untuk dapat mengidentifikasi dan mengambil tindakan dalam memperbaiki kekurangan dalam capaian kinerja tersebut. (edy)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top