Hukum dan Kriminal

Kasus Dana Dinkes P21, Kejari Parepare Menanti Tersangka

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Kasus raibnya dana di Dinas Kesehatan (Diskes) Parepare telah diaudit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel. Bahkan kasus tersebut telah menetapkan dua tersangka, yakni Ym dan Sr.
Kasus yang ditangani Polres Parepare itu, merugikan negara Rp6,3 miliar, kini sudah dinyatakan berkas perkaranya lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Negeri (Kejari).

Bahkan kasus tersebut siap dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) untuk digelar sidang. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Parepare, Amir Syarifuddin yang dihubungi membenarkan jika kasus dugaan raibnya dana Dinkes sudah dinyatakan lengkap. “Betul sudah P21. Semua berkas perkara lengkap,” tegasnya, kemarin.

Kajari mengungkapkan, pihaknya sudah melengkapi berkasnya agar secepatnya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor untuk proses persidangan. “Sisa penyerahan tersangka dan barang buktinya dari penyidik, kita tunggu,” jelasnya. Dia menyebutkan, dalam kasus tersebut terdapat dua tersangka dengan kerugian negara disinyalir sekitar Rp6 miliar lebih.  “Kalau tersangka sepertinya dua orang, dan kerugian negara kurang lebih Rp 6 miliar,” pungkas Amir.

Loading...

Sekedar diketahu tim penyidik Kepolisian Resort (Parepare) telah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di Dinkes Kota Parepare. Kasus tersebut dilakukan gelar perkara di Polda Sulsel, hasilnya menetapkan dua tersangka pada Agustus 2019, lalu. Dalam perjalanan kasus itu, setidaknya ada sekitar 78 saksi yang telah diperiksa dan melibatkan tiga saksi ahli.

Kedua tersangka dijerat pasal 2 ayat (1) Subsider Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Pidana Korupsi dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara, dengan denda minimal Rp200 juta, maksimal Rp1 miliar. Apalagi berdasarkan hasil perhitungan BPKP Sulawesi Selatan, kerugian negara mencapai Rp6,3 miliar, sejak tahun anggaran 2017 hingga 2018. (mat)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top