Sulawesi Barat

Bupati Fahmi Resmi Tutup Pelatihan Dasar CPNS Golongan III

PAREPOS.CO.ID,MAJENE–Pelatihan dasar bagi CPNS golongan III Pemkab Majene kerjasama dengan pihak BP SDM Provinsi Sulawesi Barat yang digelar pada November tahun lalu, kini sudah berakhir. Bertempat di Aula Tammajarra LPMP Sulbar di Rangas, Rabu, 15 Januari 2020 Bupati Majene, Fahmi Massiara resmi menutup kegiatan tersebut. Dihadiri sejumlah pejabat diantaranya, mewakili Kepala BP SDM Sulbar, Muh. Nur, S.Pd, MM.
Kepala BKP SDM Kabupaten Majene, Andi Pawiloi serta sejumlah
pimpina OPD terkait atau yang mempunyai staf ikut Latsar dan undangan lainnya.

Berdsarakan release dari Bagain Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Majene, melalui Kasubag protokol, Sufyan Ilbas menyatakan sebebelumnya diawali laporan Kepala BKP SDM Majene, Hj Andi Pawiloi, SH. Dalam laporannya, mengatakan, penyelenggaraan pelatihan dasar Calon PNS pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama Pemkab Majene tahun 2019, dilaksanakan di LPMP Sulbar, yang mulai dari tanggal 13 November 2019 sampai dengan 15 Januari 2020.

” Adapun kurikulum pembentukan karakter PNS dilaksanakan selama 51 hari kerja atau 511 jam pelatihan (JP) dengan perincian 21 hari kerja atau setara dengan 191 JP, untuk pembelajaran klasikal dan 30 hari kerja atau setara dengan 320 JP, untuk pembelajaran non klasikal dengan pola penjadwalan kegiatan harian, dari hari Senin sampai dengan Sabtu,” bebernya.

Loading...

Sedangkan bagi tenaga pelatih yang terdiri dari tenaga penceramah yaitu Pejabat Tinggi Pratama, tenaga Pengelola Pelatihan atau Widyaiswara
serta tenaga penyelenggara pelatihan. Untuk peserta yang mengikuti Laksar CPNS sebanyak 104 orang yang berasal dari unit kerja lingkup Pemkab Majene, terdiri dari tenaga kesehatan 31 orang, tenaga guru 56 orang dan tenaga teknis 17 orang. Semuanya peserta dinyatakan lulus seratus persen.

Sedangkan sambutan Bupati Majene, H Fahmi Massiara mengatakan, pelatihan dasar ini sebagai bagian integral dari pembinaan PNS merupakan prioritas utama di dalam meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap mental pegawai.

Karenanya, pada hakekatnya tujuan pelatihan dasar adalah upaya peningkatan kualitas peserta didik dan peningkatan kinerja dalam rangka menciptakan SDM aparatur yang memiliki kompetensi sebagaimana yang dibutuhkan. Untuk itu, diperlukan peningkatan mutu profesionalisme, sikap pengabdian dan kesetiaan pada perjuangan Bangsa dan Negara, semangat persatuan dan kesatuan. Serta pengembangan wawasan Aparatur Sipil Negara, melalui pelatihan dasar yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari usaha pembinaan PNS bersangkutan.

“Dimana CPNS golongan III yang akan diangkat menjadi PNS ini harus memenuhi persyaratan, yaitu harus lulus Pendidikan dan Pelatihan serta sehat jasmani dan rohani. Karena latihan dasar tersebut merupakan kewajiban dalam memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi PNS, ” pungkasnya. (edy)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top