Sulawesi Barat

Ratusan Warga Terjangkit DBD, Tiga Orang Meninggal di Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dinyatakan sebagai daerah darurat penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Setidaknya sudah ada 119 warga yang terjangkit DBD, dan tiga diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

Hal itu berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar sejak Januari hingga Oktober Tahun 2019. Dimana terdapat 119 kasus DBD yang terjadi di Polman.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Polman,  Andi Suaib Nawawi saat di konfirmasi dikantornya mengungkapkan, ada beberapa daerah yang memang endemik DBD seperti Kecamatan Pekkabata, Darma dan beberapa kecamatan lainnya. Dimana dalam satu Puskesmas jumlah pasien DBDnya mencapai puluhan orang.

“Yang meninggal di Rumah Sakit ketiganya warga Polman, tapi dua murni disini sakit dan yang satu lagi sakit di Mamuju lalu dibawa kesini karena oramg tuanya disini,”ujar Andi Suaib Nawawi, Senin 2 Desember, siang tadi.

Loading...

Lanjutnya, untuk upaya pencegahan kami jauh hari sebelumnya sudah memberikan imbauan sampai ke tingkat desa agar mengantisipasi penyakit yang biasanya terjadi saat musim penghujan tiba. Bukan hanya itu, setiap Kepala Puskesmas kita juga sudah rapat agar melakukan antisipasi penyakit DBD dengan mengingatkan masyarakat kebersihan. “Ingat tiga hal utama dalam mencegah DBD atau 3M yakni mengubur, menutup dan menguras sarang nyamuk dan sudah dilakukan sosialisasi ke masyarakat,”ungkapnya.

Dia pun menyampaikan yang sangat potensi terkena DBD adalah pelajar, sehingga akan dilakukan penyemprotan di semua sekolah. “Iya untuk sekolah kami tinggal berkoordinasi dengan Diknas untuk melakukan penyemprotan atau foging,vdan akan kita laksanakan sesegera mungkin utamanya penyemprotan dititik kasus dan daerah endemik,”tegasnya.

Sementara itu, Pengelola DBD Dinkes Polman, Syaiful Ishak menambahkan pihaknya sebenarnya sudah jalan melakukan pencegahan di dua Sekolah yakni di SMP 3 dan SMP 2 Polewali dan di tiga Kelurahan di Kecamatan Polewali untuk fogging.(win/ade)

Loading...

TRENDING

To Top