Metro Pare

LPKA Parepare Raih Penghargaan Kemenkumham

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Parepare meraih penghargaan pelayanan publik berbasis Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Penghargaan tersebut dalam kategori pelayanan publik berbasis kepada masyarakat umum dan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Penghargaan predikat terbaik tersebut diraih pada momentum hari HAM Sedunia. Kepala LPKA Kelas II Parepare, Jayadikusumah mengatakan,

penghargaan ini diperoleh atas keberhasilan dalam melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM kepada WBP.
“Alhamdulillah, kami meraih penghargaan pelayanan publik berbasis HAM dengan predikat sangat baik. Ini adalah penghargaan kedua kalinya yang diraih LPKA Parepare. Sebelumnya juga diraih tahun 2018 lalu kami dinobatkan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM,” jelasnya.

Loading...

Menurutnya, lembaga pemasyarakatan bagi sebagian orang sering sekali menganggap tempat menakutkan. Namun, di LPKA Kelas II Parepare terlihat berbeda, karena beberapa fasilitas disiapkan untuk pengunjung maupun warga binaan. Dia menjelaskan, pelayanan publik berbasis HAM penting diterapkan di setiap satuan kerja guna memastikan kelompok yang rentan dan memerlukan pelayanan khusus seperti lansia, ibu hamil dan menyusui, anak serta penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan yang diinginkan.

“Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tentunyan beberapa orang yang berkebutuhan khusus tersebut harus pula memperoleh pelayanan khusus,” katanya. Untuk itu, LPKA Parepare dalam pelayanannya menerapkan layanan berbasis HAM dengan menyediakan loket khusus, kursi roda, jalur khusus, ruang bermain anak, toilet khusus serta ruang laktasi. Tidak hanya itu, dia mengungkapkan, prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras pegawainya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umum. “Prestasi ini merupakan motivasi baru untuk lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat umum maupun WBK,” pungkasnya. (mat)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top