Pendidikan

Ini Sosok Tenaga Pendidik Menghantar Najwa Berprestasi Juara Tingkat Provinsi

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Prestasi yang ditorehkan Najwa Asyilah siswi kelas 5 SDN 8/18 Bontowa Labakkang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) tidak terlepas dari peran penting tenaga pendidik di sekolahnya.

Dibalik kesuksesan itu, ada guru kelas sekaligus pembina Najwa. Guru itu, Ridwan S.pd SD yang selama membimbing Najwa dan siswa siswi lainnya di kelas 5 A disekolah itu.

Dengan motivasi dan motto memajukan dan melahirkan SDM unggul yang kreatif. Ridwan dalam menerapkan metode pembelajaran kepada siswa siswi nya, tanpa keluar dari pada mata pelajaran tematik terpadu kurikulum 2013. Berupaya se kreatif mungkin mengembangkan dan menerapkan kepada muridnya, dengan implementasi teori praktek.

“Di buku mata pelajaran tematik ini, segala mata pelajaran digabungkan. Dan kita sebagai guru dituntut untuk bagaimana mengembangkan dan kreatif dalam menerapkan mata pelajaran tersebut. Contohnya, ada materi tentang ekosistem. Nah dari situ, bagaimana kita ajarkan kepada anak selain pada teori juga praktek langsung dilakukan anak. Seperti, kreatifitas inovasi yang diraih Najwa. Itu murni, anak-anak yang berkreasi secara praktek disamping itu kita memberi penjelasan terkait, fungsi, manfaat dan kegunaan setiap bahan yang diolahnya,”jelas Ridwan, saat ditemui disekolahnya, Selasa 3 Desember, 2019.

Loading...

Lanjut diterangkan Ridwan, metode pembalajaran yang disebut sistem quantum learning atau belajar diluar sekolah pun diterapkan. Untuk bagaimana mengembangkan kreativitas anak dalam belajar diluar ruangan.

“Sebenarnya saya terapkan program ini khusus dikelas saya sendiri. Dan memang, belajar diluar ruangan itu, anak lebih dapat leluasa berekspresi dan berkreasi dengan mengimplementasikan teori materi yang didapatkan dalam ruangan. Tentu demikian pula apa yang kita lakukan mendapat suport pimpinan kepala sekolah, selama itu untuk pengembangan peserta didik,”terangnya.

Selain itu, semenjak Ridwan mengabdikan diri sebagai guru di Sekolah itu, telah menorehkan prestasi penghargaan sekitar 50 penghargaan juara. “Mulai dari lomba seni, mata pelajaran, kreativitas. Baik itu tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi kita sudah torehkan prestasi dan mendapat penghargaan juara,”tambah Ridwan, mantan ketua KKG Labakkang, itu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 8/18 Bontowa, H Pagel Haya S.pd MM, mengatakan dengan prestasi yang telah ditorehkan Najwa, diharap dapat menjadi motivasi dan dorongan untuk bagaimana memajukan dunia pendidikan. Khususnya, bagi setiap guru bagaimana dapat mendidik anak melalui media pembelajaran untuk mencetak generasi bangsa dengan SDM yang unggul dan kreatif. (awi)

Loading...

TRENDING

To Top