Sulawesi Barat

BKPSDM Majene Sebut Pendaftar Online CPNS Capai 3.104 Peserta

PAREPOS.CO.ID, MAJENE—Setelah resmi berakhir masa pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 beberapa hari lalu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Kabupaten Majene menyebutkan pendaftar secara online melalui akun sscn bkn mencapai 3.104 orang.

Namun, dari jumlah tersebut yang dinyatakan dapat menyelesaikan seratus persen pendaftarannya sebanyak 3.048 pelamar atau sekitar 56 orang tidak menyempurnakan tahapan pendaftarannya. Sehingga dari 56 orang pendaftar tersebut sudah dapat dipastikan gagal untuk mengikuti tahapan CPNS selanjutnya.

Pernyataan itu, disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Formasi dan Seleksi pada BKPSDM Kabupaten Majene, Muhammad Azwar, Senin 2 Desember 2019. Menurutnya, sedangakan yang sudah memasukan berkas secara manual di BKPSDM Majene hingga batas waktu yang ditentukan yaitu 27 Novermber 2019, saat ini sementara dalam tahapan proses verifikasi.

“Dari hasil sementara proses verifikasi faktual berkas yang sudah masuk, terdapat sekitar 200 pelamar belum memasukan berkasnya. Sedangkan yang sudah diverifikasi ditemukan 20 pelamar khususnya tenaga kesehatan termasuk tenaga teknis berkas yang dimasukan dinyatakan belum memenuhi syarat sesuai yang dipersyaratkan,” beber Azwar.

Loading...

Dia mencontohkan, seperti tenaga kesehatan khususnya kebidanan dan perawat dinilai bermasalah pada Surat Tanda Registrasi (STR) lantaran sudah habis masa berlakunya. Sementara untuk tenaga teknis ditemuikan faktor ijazah tidak sesuai kualifikasi dengan yang dipersyaratkan.

Azwar menambahkan, formasi untuk penyuluh kesehatan masih mendominasi dan hampir mencapai 600 pelamar. Untuk tenaga perawat dan kebidanan berkisar 200 lebih pelamar serta selebihnya tenaga teknis. Sementara formasi dokter umum terdapat empat pelamar dan dokter gigi serta disabilitas nihil pelamar.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Formasi dan Sistem Informasi Kepegawaian pada BKPSDM Kabupoaten Majene, Iwan Darmawan menyebutkan, total formasi CPNS Kabupten Majene tahun 2019 sebanyak 67 kuota. Seperti 66 formasi umum dan satu formasi khusus disabilitas. Untuk rinciannya, formasi umum tenaga kesehatan 43 orang dan formasi tenaga teknis sebanyak 23 orang.

“Sementara untuk pelaksanan ujian CPNS tahun ini diupayakan dilaksanakan di Kabupaten Majene. Adapun ambang batas ( Passing Grade CPNS 2019) kelulusan seleksi kompetensi dasar juga turun dari tahun lalu. Seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 dan Tes Karateristik Pribadi (TKP) 126,” kuncinya. (edy)

Loading...

TRENDING

To Top