Ekonomi

2020 Disperindagkop UKM Ambil Alih Pengelolaan Manajemen Pasar

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Manajemen pengelolaan pasar di Kabupaten Polman tahun 2020 bakal diambil alih oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UKM (Disperidagkop UKM). Hal ini merujuk ke Undang-Undang No 23 tahun 2014 akan tugas dan fungsi pokok (Tupoksi) Disperindagkop UKM tentang manajemen pengelolaan pasar.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Hj Dr Agusniah Hasan Sulur mengatakan, tahun depan semua pengelolaan pasar termasuk retribusi dan manajemen akan diambil alih. Agusniah mengakui, pasar di Kabupaten Polman potensinya sangat besar untuk dikembangkan. ” Untuk itu kita mohon dukungan dari semua pihak, mudah-mudahan ketika Disperindag sudah ambil pengelolaan pasar akan berjalan maksimal dan berjalan baik,”katanya, Rabu 11 Desember, diruang kerjanya.

Loading...

Lebih jauh, kata Agusniah, ada 38 pasar disemua kecamatan dan sudah dikonsep dalam program pasar ‘MARASA’ yakni Maju, Aman, Rakyat Sejahtera. Namun untuk konsepnya, kata Agusniah, akan memulai dari pasar terdekat dulu yang mudah diakses dan kedepannya arahnya akan mengarah kesana semua.

” Pengelolaan manajemen pasar itu bukan cuma dari segi retribusi atau pendapatan yang kita kelola, melainkan stabilitas harga menjadi perhatian, terus bagaimana stok barang aman atau tidak. Selanjutnya kesehatan dan kesegaran bahan makanan yang dijual dipasar seperti sayur-sayuran, ikan, daging itu harus dijamin keamanannya terlebih barang dari luar daerah,”ujar Mantan Sekertaris Bappeda.

Ditambahkannya, dalam pengelolaan pasar nantinya Disperindagkop UKP akan membentuk UPTD yang menaungi pengelolaan pasar sehingga lebih mudah untuk dimonitor. Sebab dulunya pengelolaan pasar diambil alih oleh pemerintah kecamatan, kita akan bisa lebih maksimal,”tegasnya.(win/ade)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top