Pro Daerah

Terkait Jargas, Andi Muliana Sam Tanggapi Aspirasi Pemuda Gilireng

PAREPOS.CO.ID, WAJO — Isu pemekaran Wajo Utara kembali menjadi perbincangan hangat dipelbagai kalangan. Keinginan untuk memisahkan diri lantaran jaringan gas (jargas) belum menyentuh wilayah utara Kabupaten Wajo seperti halnya Kecamatan Pitumpanua.

Bahkan terkait itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo Herman Arif secara tegas meminta adanya pemekaran Wajo Utara jika Pemerintah Daerah (Pemda) Wajo tidak ada perhatian akan hal tersebut.

Bukan hanya wilayah Pitumpanua, sejumlah pemuda Gilireng pun angkat bicara terkait isu pemekaran Wajo Utara. Sebagai daerah penghasil gas alam, sudah sepatutnya Gilireng menjadi prioritas ketika dilakukan penambahan Jargas. Ketika tidak, Gilireng pun siap memisahkan diri.

Terkait pernyataan sejumlah pemuda asal Gilireng, mendapatkan respon dari Anggota Komisi IV DPRD Wajo, Andi Muliana Sam. Menurutnya, aspirasi masyarakat yang menuntut pemekaran bahkan sebagian ingin ‘berpisah’ dengan Wajo sebagai bentuk ketidakpuasan merupakan hal yang lumrah.

“Kita harus merespon baik dan mengakomodir aspirasi masyarakat terkait dengan jargas, agar bisa juga sampai di Gilireng,” ujar anggota DPRD Wajo dari Dapil Gilireng, Belawa dan Maningpajo ini

Kata Andi Muliana Sam, keinginan untuk memisahkan diri lantaran jargas yang belum menyentuh Gilireng dan Pitumpanua. Hal ini tidak akan muncul jika semua paham soal teknis pembangunan jargas yang membutuhkan fasilitas “metric station.”

Loading...

Sementara sejauh ini lanjutnya, “metric station” itu hanya ada di Patila Kecamatan Pammana karena Gas Engine untuk pembangkit listrik dibangun disana yang jaraknya notabene cukup jauh dari Pitumpanua dan Keera.

“Kita tentu berharap, Pemda melalui Dinas terkait melakukan penjajakan. Apakah memungkinkan metric station ini juga bisa dibangun di Kampung Baru supaya sambungan baru untuk jargas juga bisa dilakukan dan mempercepat proses sambungan ke kecamatan terdekat. Jika memungkinkan maka hal itu harus menjadi prioritas tahun mendatang,” imbuhnya.

Karena itu sebagai putri daerah asli Gilireng, legislator asal PAN inipun mengaku akan senantiasa bersinergi dengan Pemkab Wajo kedepannya dalam mewujudkan pemerintahan yang amanah menuju masyarakat Wajo sejahtera.

“Sudah tugas kami sebagai wakil rakyat memperjuangkan daerah ini, agar apa yang menjadi harapan masyarakat bisa terpenuhi,” tegasnya.

Andi Muliana Sam menambahkan, kiranya masyarakat dapat bersabar. Hal tersebut lantaran perjuangan untuk mengembangkan Jargas hingga kecamatan butuh proses yang panjang.

“Karena saya yakin Bupati dan Wakil Bupati akan semaksimal mungkin memberikan yang tebaik untuk masyarakat Wajo. Bupati Wajo juga telah menyampaikan akan mengupayakan Jargas tersebut di wilayah Gilireng, dan diketahui Jargas itu adalah Program Nasional dari Kementrian ESDM,”tambahnya. (Adventorial)

Loading...

TRENDING

To Top