Metro Pare

Sambut Natal dan Tahun Baru, PT Pelni Terapkan Dispensasi Non Seat

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — PT Pelni Cabang Parepare menjamin kesiapan armada kapal motor untuk angkutan penumpang menyambut natal dan tahun baru. Kepastian itu disampaikan Kepala Cabang PT Pelni Parepare, Gatot Harmanto kepada Parepos, Rabu 27 November.

Menurutnya, tiga kapal motor milik PT Pelni yang beroperasi dan melayani penumpang di pelabuhan Nusantara Parepare dan satu beroperasi Pelabuhan Awerrangnge Barru dirasa cukup menjamin kebutuhan angkutan penumpang, baik yang akan datang maupun yang berangkat.

Gatot menjelaskan, PT Pelni Parepare memiliki dua kapal, yakni KM Lambelu dan KM Siguntang masing-masing dengan kapasitas 2000 penumpang. Dan satu kapal jenis Roro atau barang. Menurut dia, menghadapi lonjakan penumpang pada setiap natal maupun tahun baru akan diberlakukan dispensasi non seat. “Ada dispensasi lah, nanti Insya Allah penumpang akan terangkat semua,” kata dia

Meski diterapkan kebijakan non seat, namun pihak Pelni tetap mengacu pada kebijakan Perhubungan Laut. Sehingga tujuan keselamatan penumpang pada pelayanan penumpang tetap terjamin. “Kapasitas tetap sesuai kebijakan pihak Perhubungan,” jelasnya.

Selain di Parepare, pelabuhan Awerangnge Barru juga beroperasi satu unit armada kapal Pelni type 1000. Jadwal Kedatangan kapal-kapal tersebut malayani penumpang setiap seminggu sekali untuk tujuan Kalimantan maupun Surabaya.

Jhoni Rachman Kepala Operasional PT Pelni Parepare mengatakan kesiapan pihaknya hanya mengantisipasi arus balik yang diperkirakan terjadi pada bulan Januari. “Target khusus natal tahun baru kami hanya terima kedatangan dari Kalimantan. Antisipasi nanti saat arus balik pada Januari mendatang,” tukas dia

Diperkirakan sekira 4000 penumpang yang akan berangkat menggunakan armada Pelni yang didominasi tujuan ke pulau Kalimantan pasca natal dan tahun baru 2020. (wal/ade)

TRENDING

To Top