Pendidikan

Puluhan Mahasiswa Terbaik UNCEN Terima Beasiswa dari Pertamina

PAREPOS.CO.ID,JAYAPURA– PT. Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation, kembali memberikan Beasiswa kepada putera-puteri Papua yang menimba ilmu di Universitas Cendrawasih (UNCEN), Jayapura. Sejumlah 20 mahasiswa terbaik dipilih untuk menerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi pada tahun ini.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi bertujuan untuk mencetak generasi yang cerdas, visioner, kreatif dan memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan. Sobat Bumi dijadikan jargon dengan tata nilai yang diusung “belajar, berbagi, bergerak, bersama”.

Komponen beasiswa meliputi bantuan biaya pendidikan dan uang buku untuk 2 semester, dan juga bantuan biaya hidup selama periode beasiswa yaitu sampai akhir Tahun Ajaran 2019/2020. “Pemberian beasiswa tidak terbatas bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup. Penerima beasiswa akan mendapat bantuan peningkatan kapasitas berupa softskills training untuk tujuan meningkatkan kompetensi, membangun jiwa sobat bumi serta membuka social networking melalui komunitas SOBI,” mengutip keterangan Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud.

Kegiatan Verifikasi Faktual calon penerima beasiswa di Universitas Cenderawasih dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswa Dr. Jonathan K. Wororomi, S.Si dan Kepala Bagian Kemahasiswaan Abdul R. Matdoan serta para staff Kemahasiswaan Universitas Cenderawasih. Beasiswa dari BUMN sangat diharapkan oleh kampus karena selain secara langsung membantu meringankan beban mahasiswa juga sekaligus meningkatkan citra kampus. “Beasiswa Pertamina merupakan salah satu yang kami tunggu. Kesempatan ini akan kami manfaatkan dengan sebaik mungkin sekaligus kami berterima kasih kepada seluruh jajaran PT. Pertamina (Persero) yang telah memberi kepercayaan kepada kami di Papua.” tutur Jonathan.

Harapan juga datang dari salah satu alumni penerima beasiswa Pertamina yang baru wisuda dari UNCEN, Lisbeth Megasira Sarjana Biologi. “Manfaat yang paling saya rasakan selain bantuan pendidikan, juga pembentukan karakter sobat bumi dan peningkatan motivasi. Acara Gathering di Batu tahun 2018 tidak akan terlupakan, kami ketemu seluruh Indonesia menjadi saling kenal dan mendapat banyak pengalaman”, tutur Lisbeth.

Pada Tahun 2019 Pertamina Foundation memberikan beasiswa kepada 103 mahasiswa di 7 (tujuh) Perguruan Tinggi Mitra yaitu Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Indonesia (Jakarta), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Sriwijaya (Palembang), Institut Teknologi Kalimantan (Balikpapan), Universitas Hasanuddin (Makassar) dan di wilayah paling timur Indonesia Universitas Cenderawasih (Jayapura).

Pembenahan dan penyempurnaan untuk kegiatan beasiswa terus dilakukan. Presdir Pertamina Foundation memberikan perhatian khusus pemanfaatan teknologi informasi selain untuk peningkatan layanan beasiswa juga semaksimal mungkin mendukung kebijakan pengurangan penggunaan kertas/ paperless“Sedang dirancang program Beasiswa Sobat Bumi yang berbasis Teknologi Informasi. Penggunaan sistem online dan digital diharapkan proses pemberian beasiswalebih efektif dan efisien juga sesuai tuntutan jaman”, demikian keterangan tertulis Agus Mashud.(rls/ade)

TRENDING

To Top