Metro Pare

Proyek Rel Kereta Api, Ina Kartika: Jauh dari Harapan

PAREPOS.CO.ID PAREPARE — Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Ina Kartika mengungkap pernyataan miris terkait proyek pembangunan rel kereta api di wilayahnya. Proyek yang digagas pada era Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo itu dinilai masih jauh dari harapan untuk dapat dinikmati masyarakat dalam waktu dekat.

Pasalnya, menurut Ketua Fraksi Golkar tersebut, proyek itu terkendala pembebasan lahan. “Pembebasan lahan ini tidak mudah, di Barru saja masih ada titik lahan yang belum selesai dibebaskan,” ujarnya
didepan konstituennya saat melakukan reses di Kota Parepare, Kamis, 7 November, kemarin.

Ina Kartika berharap proyek dengan nilai triliunan rupiah itu jangan sampai mangkrak dan merugikan anggaran negara. “Anggaran besar sudah masuk tapi tidak bisa terselesaikan, miris ya,” katanya. Pada dialog dengan konstituen itu,masyarakat mempertanyakan progres pembangunan rel kereta api tersebut, hingga sampai ke Parepare. Namun lagi-lagi rel yang direncanakan membentang sepanjang 145 km dari Makassar ke Parepare sebatas isapan jempol.

Bahrum warga Parepare mengaku belum mendapatkan perjanjian kompensasi atas ganti rugi lahannya yang akan digunakan untuk pembangunan rel kereta api. “Ada 1.506 meter saya punya lahan di Kelurahan Bumi Harapan masuk dalam kawasan proyek, tapi hingga saat ini belum ada perjanjian kompensasi,” tuturnya.

Meski lahan miliknya itu diakui telah disurvei oleh Kementerian Perhubungan dan diukur oleh BPN, namun dirinya belum menerima kejelasan atas kompensasi ganti rugi dari pihak terkait. (wal/ade)

TRENDING

To Top