Hukum dan Kriminal

Polisi Cokok Spesialis Pencuri Tembaga Kabel di Kulo

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Lelaki Harjuni (23) warga Dusun Tellang-Tellang, Desa Rijang Panua, Kecamatan Kulo, Sidrap terpaksa berurusan dengan aparat hukum.

Pasalnya, pria tersebut satu dari beberapa terduga pelaku kasus tindak pidana pencurian kabel tembaga Sirkuit Puncak Mario, Sidrap.

Penangkapan terhadap terduga pelaku itu dipimpin Kapolsek Panca Rijang, Kompol Erwin Surahman. Harjuni alias Jenjong ditangkap di Kelurahan Rappang, Jumat, 1 November, sekitar pukul 16.30 wita.

“Setelah mendapatkan informasi bahwa terduga pelaku berada sebuah lokasi di Kelurahan Rappang, maka kami bergegas kesana untuk meringkusnya,” kata Erwin.

Dikatakannya, bahwa penangkapan terduga pelaku berdasarkan Laporan Polisi Nomor :LP/129/X/2019/SULSEL/RES SIDRAP/SEK.PR per 25 Oktober 2019.

Korbannya lelaki Hendra (22) selaku pihak keamanan Sircuit Mario yang bekerja sehari-hari di lokasi tersebut.

Berdasarkan keterangan korban pada Kamis 24 Oktober 2019 di dalam lokasi Sircuit Mario, menyebut bahwa kabel yang digunakan untuk penerangan Sircuit hilang.

Menurut korban, bahwa kabel tersebut terlebih dahulu dibakar dan diambil tembaganya. Panjang kabel yang dicuri itu kurang lebih 100 meter dengan kerugian diperkirakan Rp20 juta.

Sementara itu, dihadapan petugas terduga pelaku Harjuni alias Jenjong mengakui perbuatannya itu. Dia mengaku bahwa dirinya bersama temannya yang kini jadi DPO telah menjual kabel atau tembaga sebanyak 2 Kilogram.

Kini pelaku bersama barang bukti diamankan di Mapolsek Panca Rijang guna penyelidikan lebih lanjut.

Terpisah, Kabid Olahraga Dispora Sidrap, Ilham Sunarto menyebutkan bahwa pihaknya juga akan kembali melaporkan pengrusakan dan pencurian matras dan barang-barang milik aset Pemda.

“Kami akan lapor soal pengrusakan dan pencurian sejumlah fasilitas yang ada di Sirkuit Puncak Mario Rappang itu,” tandasnya. (ira/ade)

TRENDING

To Top